Meski Kena Tumor Otak, Dokter Muda Ini Semangat Ingin Bantu Pasien Covid-19

Restu Prihargayu, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 481 2204681 meski-kena-tumor-otak-dokter-muda-ini-semangat-ingin-bantu-pasien-covid-19-ZUubWcyai2.jpg Huw dan istrinya (Foto: VT)

Seorang dokter muda, Huw McCandless dipuji sebagai pahlawan karena keputusannya yang berani untuk kembali bekerja di National Health Service (NHS) Inggris, meskipun ia hidup dengan tumor otak yang tidak dapat disembuhkan.

Dilansir VT , (25/4/2020), Huw McCandless menjalani operasi pada bulan Januari untuk menghilangkan tumor otak setelah menderita kejang saat ia mengikuti acara boxing day.

Namun, meskipun kondisinya tidak dapat disembuhkan, Huw tetap berencana untuk kembali bekerja sebagai dokter. Ia bersemangat untuk membantu tenaga medis lain guna melawan pandemi Covid-19.

 Huw sedang dirawat

"Sebagai dokter, saya menyadari bahwa saya harus memikirkan apa yang akan saya katakan kepada pasien saya, dan kemudian mengikuti saran itu sendiri. Menjadi orang dengan pikiran positif merupakan hal yang sangat penting, saya berusaha untuk tidak memikirkan hal-hal negatif," ujar Huw.

Berolahraga, terang Huw, dapat memiliki dampak besar pada kesejahteraan seperti halnya melakukan hal-hal yang kamu sukai. "Bagi saya, selain olahraga, hal yang menyenangkan adalah memasak dan pergi berjalan-jalan dengan istri saya, Laura dan anjing kami Dexter."

Sikap positif Huw sangat luar biasa mengingat ia telah menghabiskan enam bulan terakhir menjalani radioterapi dan kemoterapi setiap hari.

Setelah perawatan selama sebulan, Huw berharap cukup sehat untuk memulai lagi kemoterapi dosis tinggi. Kali ini, akan berlangsung selama enam bulan.

"Sebagai dokter, saya sebenarnya sangat frustrasi karena saya tidak dapat membantu pasien saat ini," kata Huw.

"Saya telah dipekerjakan oleh NHS selama delapan tahun dan sangat sulit bahwa sekarang, sepanjang waktu, saya tidak dapat menggunakan pelatihan dan pengalaman saya untuk membantu dalam memerangi virus corona," tambahnya.

Terlepas dari perawatannya yang akan datang, Huw telah bersumpah untuk kembali bekerja secepat mungkin.

Kepala Penggalangan Dana Masyarakat untuk Riset Tumor Otak di Inggris Utara, Matthew Price mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Huw yang berbagi kisahnya.

"Saya yakin orang akan terinspirasi oleh Huw. Cara berpikir positifnya yang luar biasa patut dicontoh, terutama mengingat masa-masa sulit yang kita semua hadapi sekarang," ujar Price.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini