Seberapa Penting Suplemen dan Vitamin saat Berpuasa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 481 2204797 seberapa-penting-suplemen-dan-vitamin-saat-berpuasa-bK5pq9Efr4.jpg Buah sumber vitamin (Foto: Medical News Today)

Selama bulan puasa asupan nutrisi yang diperoleh seseorang akan menurun. Dukungan suplemen dan vitamin mungkin diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari pandemi virus corona saat berpuasa.

Head of Nutrifood Research Center, Astri Kurniati menjelaskan, meski penting, tapi mengonsumsi suplemen saat berpuasa tetap harus dikonsultasikan dengan dokter yang bertanggung jawab.

Sebenarnya asupan suplemen dan vitamin bisa disiasati dengan cerdik dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi saat berpuasa. Makanan berserat dianjurkan untuk memperlancar metabolisme tubuh.

buah-buahan

“Disarankan jaga pola makan, sayur dan buah, olahraga dan pola hidup bersih selama pandemi Covid-19. Kalau bisa konsultasikan dengan dokter masing-masing,” terang Asti belum lama ini.

Nutrisi yang diperlukan dalam tubuh seseorang tentu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen dan vitamin bisa membantu dalam pemenuhan nutrisi dalam tubuh.

Selain pemenuhan nutrisi yang tepat, seseorang yang menjalani ibadah puasa juga perlu memperhatikan asupan gula, garam, lemak (GGL). Asti pun memberikan tips berbuka puasa yang baik dan benar.

“Berbuka dengan yang manis, tapi jangan hanya dari gula, bisa juga dengan buah-buahan. Karena dalam buah mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh."

Disarankan, lanjut dia, saat periode buka puasa carilah sumber yang sehat, seperti karbohidrat kompleks seperti oat dan beras merah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini