Ini 4 Obat Alami Batuk Kering yang Patut Dicoba

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 481 2204822 ini-4-obat-alami-batuk-kering-yang-patut-dicoba-1dEmxrnYHO.jpg Madu jadi obat (Foto: Pixabay)

Di tengah pandemi virus corona, kita harus semakin giat menjaga kesehatan tubuh agar makin kuat. Nah bagi kamu yang saat ini merasa sakit batuk kering, ada obat alami yang bisa kamu coba.

Jangan biarkan batuk kering berlarut-larut. Kamu harus segera mengobatinya agar tubuh sehat kembali. Dilansir dari The Health Site, ini 4 obat alami untuk batuk kering yang bisa kamu coba.

 cuka apel

1. Cuka apel

Batuk kering yang membuatmu payah harus segera dihalau. Cobalah mengonsumsi cuka sari apel untuk membantu meredakan batuk kering dengan efektif.

Caranya, campurkan dua sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Lalu minumlah ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

2. Madu

Madu merupakan bahan makanan alami yang terkenal keampuhannya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Madu diketahui dapat membantu kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur, sehingga memperlancar jalur napas. Di samping itu, madu juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya, tambahkan satu sendok makan madu ke dalam secangkir air panas atau teh herbal. Lalu minum dua kali sehari hingga batuk mulai mereda.

3. Kunyit

Kunyit memiliki efek terapi mengobati batuk, terutama batuk kering. Panaskan setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan lada hitam. Tambahkan beberapa batang kayu manis dan didihkan.

Kamu juga dapat menambahkan beberapa madu dan minum ramuan ini setiap hari. Kamu bisa menggiling kunyit menjadi bubuk halus dan minum dengan air serta madu.

4. Jahe

Masukan potongan jahe ke secangkir air dan didihkan. Minum ramuan alami ini tiga sampai empat kali dalam sehari. Sakit tenggorokan akan pulih dan batuk kering pun terobati. Tambahkan jus lemon dan madu agar lebih berkhasiat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini