Mengenal Sinar UVC, Bisa Musnahkan Virus Corona dalam 10 Detik

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 27 April 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 481 2205754 mengenal-sinar-uvc-bisa-musnahkan-virus-corona-dalam-10-detik-VJCK42Euqf.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SINAR ultraviolet C (UVC) membantu menyelamatkan benda-benda dari paparan virus corona. Di beberapa negara, sinar UVC telah digunakan untuk mematikan virus.

Pakar dari UV Light Technology Dan Arnold mengungkapkan, hanya ada satu jenis ultraviolet yang diklaim dapat mematikan virus corona. Itu adalah ultraviolet C (UVC) yang benar-benar jahat.

virus corona

"UVC adalah benar-benar jahat, manusia tidak boleh terkena sinar itu," kata Arnold, dilansir Okezone dari BBC.

Sinar UVC biasanya menggunakan satu jenis lampu sinar biru, dengan panjang gelombang cahaya yang lebih pendek dan lebih berenergi. UVC juga dianggap sangat baik dalam menghancurkan materi genetik dan berbagai macam virus, termasuk corona.

Sampai para ilmuwan menemukan bahwa mereka dapat memanfaatkan UVC untuk membunuh mikroorganisme. Penelitian telah menunjukkan bahwa UVC dapat digunakan terhadap virus corona lainnya, seperti SARS.

Di China, kabarnya seluruh bus juga diterangi oleh cahaya biru dari UVC. Kemudian uang pun disinfeksi dengan UVC untuk mematikan virus.

Dilansir Okezone dari HIMAX UVC Sterilization, sinar UVC aman dipakai untuk mensterilisasikan peralatan atau perlengkapan yang sehari-hari, Misalnya tas, smartphone, alat makeup, laptop, hingga peralatan pribadi lainnya yang rentan terpapar virus corona.

Karena virus corona COVID-19 diklaim bertahan pada permukaan benda selama beberapa jam. Bahkan mampu bertahan lebih lama lagi pada permukaan atau ruangan dengan tingkat kelembapan rendah.

Maka dengan memanfaatkan sinar UVC, benda-benda tersebut dianggap dari berbagai macam virus. Biasanya sterilisasi hanya 10 detik dan lebih mudah yang ditandai dengan lampu indikator.

Di berbagai negara, teknologi sterilisasi dengan UVC ini juga telah lolos uji keamanan, sehingga aman digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari untuk semua kalangan orang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini