Risiko Buruk Sering Makan Mi Instan saat Sahur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 April 2020 22:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 481 2205782 risiko-buruk-sering-makan-mi-instan-saat-sahur-CVPsvRLDBd.jpg Ilustrasi. (Foto: NDTV)

SAAT sahur mungkin kamu akan mengandalkan mi instan karena praktis dan membangkitkan selera makan. Tahu enggak, kalau keseringan makan mi instan saat sahur bisa berbahaya buat kesehatan loh!

Dijelaskan pakar diet dari Mount Elizabeth Hospital Seow Vi Vien pada Straitstimes, mutu gizi mi instan menjadi perhatian karena mengandung sejumlah lemak jenuh. Bukan itu saja, mi instan juga mengandung sodium tinggi yang jahat bagi tubuh.

mi

Selain itu, mi instan juga ternyata sedikit mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Sehingga, mi instan dipastikan tidak bisa menjadi pengganti makan yang sehat.

Selanjutnya, Soew mencatat bahwa dalam satu bungkus mi instan mengandung natrium hingga 1.700 mg atau sekira 85 persen, dari jumlah asupan sodium harian yang disarankan. Dengan konsumsi garam atau sodium yang berlebihan, tentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi berujung stroke.

Dia menambahkan, jika ingin mengonsumsi mi instan, ada baiknya memperhatikan batasan asupan. Bagi Seow, jumlah asupan yang masih bisa ditoleransi adalah satu bungkus dalam dua minggu.

Artinya, kalau kamu ingin sahur makan mi instan dalam sebulan berpuasa, hanya diperbolehkan mengonsumsi dua bungkus saja. Catat ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini