Ujung Rambut Kering dan Pecah-Pecah? Coba Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 April 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 611 2205546 ujung-rambut-kering-dan-pecah-pecah-coba-atasi-dengan-4-bahan-alami-ini-tC2qsA9wWI.jpg Minyak zaitun (Foto: The Daily Meal)

Siapa sih yang tidak sebal jika ujung rambut kering dan pecah-pecah bagaikan sapu ijuk. Selain rasanya membuat tak percaya diri, juga susah disisir.

Nah, mengingat kita sedang PSBB dengan karantina mandiri di rumah dan tidak bisa pergi ke salon untuk merawat rambut sementara waktu. Jangan khawatir, ternyata ada loh sederet bahan-bahan alami rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi ujung rambut kering dan pecah-pecah ini.

Daripada penasaran, berikut ulasan singkat empat bahan alami rumahan untuk atasi ujung rambut kering dan pecah-pecah.

 minyak zaitun

1. Minyak zaitun

Mengembalikan kelembapan rambut bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak zaitun loh! Ambil 1/4 cangkir minyak zaitun dan belah rambut bagian demi bagian. Lalu tuangkan minyak zaitun ke telapak tangan, gosokkan minyak dengan lembut di kulit kepala, batang rambut hingga sampai ke ujung rambut.

Bungkus rambut dengan hair cap dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, cuci bersih keramasi rambut dengan air hangat dan keringkan rambut sampai benar-benar kering. Lakukan ritual ini setiap pekan.

2. Cuka apel

Tuangkan satu sendok teh cuka apel dengan dua sendok makan minyak zaitun dan dua putih telur. Kocok semuanya dan pijat-pijat rambut memakai campuran ini. Setelah semua rambut merata dipijat, buat rambut menjadi bentuk cepol lalu bungkus pakai hair cap selama dua jam. Setelah itu cuci bersih rambut dan bilas dengan air.

3. Teh

Tidak hanya enak diminum, tapi teh juga bermanfaat membuat rambut sehat dan berkilau. Rebus teh, lalu saring teh menggunakan saringan, diamkan sejenak supaya teh jadi sedikit dingin. Cuci bersih rambut memakai sampo seperti biasa, lalu basuh dengan air rebusan teh tersebut sebagai bilasan terakhir.

4. Telur

Tinggi akan kandungan protein, inilah kenapa telur bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memperbaiki keadaan rambut. Cukup campur satu telur dengan satu sendok makan sampo dan oleskan pada rambut sampai merata.

Biarkan campuran ini meresap ke rambut selama sekitar satu jam, setelah itu baru bilas rambut dengan air hangat. Trik ini bukan cuma membuat rambut lebih bersinar tetapi juga akan mengisi kekurangan protein di kulit kepala. Demikian seperti dilansir Times of India, Senin (27/4/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini