Mau Cantik? Bikin Scrub Wajah Pakai 4 Bahan Rumahan Ini Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 April 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 611 2205600 mau-cantik-bikin-scrub-wajah-pakai-4-bahan-rumahan-ini-yuk-NBwO15pwog.jpg Scrub wajah (Foto: Times of India)

Mengkarantina diri di rumah karena sedang PSBB, bukan jadi alasan kita boleh tidak merawat diri secara teratur. Jangan sampai keasyikan work from home, lalu lupa melakukan perawatan wajah yang biasanya dilakukan di salon kecantikan. Misalnya perawatan pakai scrub.

Perawatan dengan scrub, mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menjaga kelembapan kulit jadi salah satu perawatan wajah yang penting secara rutin dilakukan agar kulit tidak kusam dan selalu sehat nan cantik.

scrub

Scrubbing bisa kok dilakukan di rumah, dengan menggunakan scrub alami yang dibuat dari empat bahan rumahan berikut ini. Apa saja bahan-bahannya dan seperti apa caranya?

Dilansir dari Times of India, Senin (27/4/2020) simak ulasannya di bawah ini.

1. Lemon dan gula pasir

Mencampur lemon dan gula jadi satu sebagai scrub, tak hanya baik untuk mengangkat kotoran tapi juga membuat kulit bersinar alami. Cara membuatnya campur satu sendok makan gula ke dalam setengah air perasan lemon, campur sampai rata. Bisa juga menambahkan sedikit madu untuk mendapatkan scrub yang lebih baik. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Cuci bersih wajah dengan air sembari menggosok kulit dengan pelan.

2. Teh hijau dan gula

Teh hijau berfungi sebagai antioksidan dengan anti-inflamasi dan anti-mikroba. Campuran teh hijau dan gula sebagai scrub homemade bukan cuma menyegarkan kulit wajah tapi juga membantu mengurangi jerawat. Cara membuatnya, cukup ambil satu sendok teh daun teh hijau dan tambahkan satu sendok teh gula di dalamnya.

Lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun untuk mencapai konsistensi yang kental, baru setelah itu oleskan scrub di seluruh wajah dan diamkan sebentar. Saat membasuh wajah dengan air, pastikan Anda menggosok wajah dengan ujung jari dengan lembut untuk menghilangkan semua kotoran dan kulit mati dari wajah.

3. Oatmeal dan gula

Scrub yang satu ini berfungsi untuk menyerap minyak berlebih di wajah sekaligus mengatasi jerawat. Cara membuatnya, ambil satu sendok makan oatmeal dan tambahkan satu sendok teh gula ke dalamnya. Setelah itu teteskan beberapa tetes minyak zaitun atau madu agar adonan berubah menjadi pasta. Oleskan pasta sebagai masker ke seluruh wajah dan biarkan mengering. Gosok-gosok pelan saat mencuci wajah.

4. Kunyit dan gula

Campuran scrub satu ini bukan hanya mengatasi jerawat, tapi juga menyamarkan lingkar hitam di mata dan mengangkat sel kulit mati. Membuatnya pun mudah, cukup campur satu sendok makan bubuk kunyit bersama satu sendok teh gula. Tambahkan satu sendok teh madu dan aduk hingga tercampur rata.

Lalu oleskan scrub ke seluruh wajah dan biarkan kering selama 20 menit. Cuci wajah sampai bersih menggunakan air hangat untuk menghilangkan warna kekuningan dari wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini