Mumpung PSBB, Yuk Libatkan Anak Ketika Masak

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 298 2206127 mumpung-psbb-yuk-libatkan-anak-ketika-masak-i7joPy4Xbq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MENYAJIKAN masakan sehat saat Ramadhan penting dilakukan bagi setiap ibu. Apalagi tepat dengan situasi pandemi corona COVID-19, yang mengharuskan Anda menjaga imunitas.

Namun tak sedikit ibu bingung mengatur menu makan sehat selama Ramadhan. Terkadang Anda kesulitan mencari inspirasi masakan yang praktis dan tetap sehat untuk hidangan sahur dan buka puasa.

Consumer Food and Seasoning Department Manager Ajinomoto Indonesia Yani Herlyani membagikan tips masak praktis dan bergizi selama Ramadhan. Berikut ulasannya ditulis Okezone, Selasa (28/4/2020).

Pikirkan variasi menu makanan

makanan

Menyuguhkan makanan untuk keluarga saat buka atau sahur haruslah bervariasi. Setiap hari juga harus berbeda-beda agar tidak bosan. Selain agar tidak bosan, variasi makanan yang berbeda-beda juga semakin membuat keluarga semangat untuk menyantap makanan yang disuguhkan. Adapun variasi makanan yang bisa disajikan antara lain tumis sawi hijau, udang goreng tepung, tahu dan tempe goreng, dengan nasi putih. Duh, bikin ngiler!

Penuhi asupan nutrisi harian

nutrisi

Yani menambahkan, setiap orang membutuhkan beragam nutrisi seimbang, seperti sumber protein (hewani & nabati) yang melengkapi kebutuhan asam amino dalam tubuh. Sehingga daya tahan tubuh pun akan selalu terjaga,” ungkapnya.

Diintip Okezone dari situs resmi Dapur Umami, jangan lupa sertakan sumber karbohidrat dari nasi, umbu-umbian, roti atau mi, lemak dari daging, ayam atau ikan, serat dari sayur dan buah, serta beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk air,

Cari bahan yang mudah dibeli

Selain memperhatikan variasi menu dan kandungan gizinya, menu yang direkomendasikan menggunakan bahan-bahan yang mudah dibeli. Bahkan dapat mudah ditemukan di tukang sayur keliling. Sehingga, Anda tak perlu pergi ke pasar, yang mana sangat berisiko menghadapi kerumunan.

Libatkan anak-anak

masak

Masak jangan sendirian ya, Bunda. Karena Anda bisa melibatkan anak untuk masak agar suasana makin seru. Aktivitas ini juga dapat membangun bonding dengan anak mumpung punya banyak waktu di rumah saja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini