5 Cara Ciptakan Dapur Sehat agar Betah Memasak

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 29 April 2020 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 298 2206379 5-cara-ciptakan-dapur-sehat-agar-betah-memasak-i7A8NHXRPc.jpg Cara Menata Dapur (Foto: Homeimprovement)

Dapur yang bersih dan sehat tentu membuat penghuni merasa betah dan nyaman berlama-lama memasak. Nah, apalagi bagi kita yang punya hobi memasak, pastinya dapur selalu jadi spot terbaik yang ada di dalam rumah.

Namun seringkali tanpa disadari kita sendiri yang membuat dapur menjadi kotor dan tak nyaman. Oleh karena itu, dapur perlu selalu dirawat agar setiap masakan yang disajikan pun terjaga kebersihannya. Tapi sebenarnya seperti apa ya dapur sehat itu? Mengutip dari laman Dapur Ideal, berikut tips membuat dapur menjadi sehat dan bersih.

1. Disiplin Membersihkan Dapur

Setelah memasak pastikan kita sudah membersihkan tiap-tiap sisa minyak atau masakan. Sebab, jika kita lalai membersihkan tiap kali habis memasak bakteri dan jamur bisa tumbuh dan hal itu sangat berbahaya pada masakan yang akan kita makan.

2. Ventilasi yang Baik

Memiliki ventilasi yang baik merupakan poin yang harus dimiliki dapur sehat. Ventilasi berguna untuk sirkulasi udara saat kita sedang memasak. Sirkulasi udara yang baik berguna untuk menghindari efek bahaya dari keracunan akibat penggunaan kompor gas maupun asap.

3. Sinar Matahari yang Cukup

Selain disiplin membersihkan dapur, dapur yang sehat mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari bisa membunuh bakteri dan juga mencegah munculnya binatang-binatang dapur, seperti tikus atau kecoa.

4. Saluran Air Kitchen Sink Lancar

Pastikan saluran air kitchen sink tetap lancar. Hal ini perlu dijaga agar sampah sisa makanan tak menyumbat saluran air. Sebab jika sampah sisa makanan sudah menyumbat akan berpotensi membusuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Namun jika saluran air mulai tersumbat, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan soda kue dan cuka dicampur dengan air panas. Gunakan penyaring agar sampah-sampah kecil bisa tersaring dan mudah dibuang.

5. Atur Ruang Simpan Dapur

Pentingnya menyimpan barang-barang dengan rapi di dapur agar dapur selalu terlihat bersih. Tapi seiring perjalanan waktu pastinya pengaturan penyimpanan pun berubah dan tak terkondisikan lagi. Untuk itu, selain disiplin membersihkan dapur, kita pun perlu disiplin menyimpan peralatan masak dalam lemari atau kabinet.

Minimalisir peralatan di meja dapur, agar dapur tetap terlihat rapi. Untuk bumbu-bumbu masakan dapat ditempatkan di toples kaca dan buang semua peralatan jika memang sudah tak dibutuhkan lagi.

Nah, itu dia tips untuk membuat dapur kita menjadi sehat dan terhindar dari bakteri dan jamur. Tentunya, dapur yang sehat bikin kita makin betah untuk memasak. Semoga bermanfaat dan dapur kita tetap terjaga kebersihannya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini