Catat! Ini Sederet Nutrisi yang Tak Boleh Dilewatkan Anak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 481 2206176 catat-ini-sederet-nutrisi-yang-tak-boleh-dilewatkan-anak-0vOFqTywZo.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SAAT pandemi virus corona COVID-19 orangtua harus semakin memperhatikan hal yang dibutuhkan anak di rumah saja. Hal ini perlu dilakukan untuk membantu perkembangan sang buah hati.

Asupan nutrisi serta kegiatan yang dapat menstimulasi otak sangat diperlukan untuk melatih tumbuh kembang sang anak. Selain itu, manfaatnya juga dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Medical Manager Kalbe Consumer Health, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, tumbuh kembang seorang anak tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Peran fungsi otak bisa mengkoordinasi dan mengontrol semua aktivitas yang dilakukan sang buah hati. Oleh sebab itu, nutrisi yang bagus sangat diperlukan untuk otak menstimulasi otak si kecil.

masak

Dokter Helmin mengatakan, membangun fungsi otak adalah hal yang sangat komplek. Sejak buah hati ada dalam kandungan, seorang ibu harus memberikan stimulasi dan nutrisi yang bagus. Selain itu orangtua juga wajib memenuhi asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama kelahiran untuk perkembangan masa depan anak.

“Nutrisi harus optimal untuk tumbuh kembang anak. Isi piringnya harus ada karbhidrat, yang kedua adalah sayur dan buah. Makanan ini sangat baik karena berperan sebagai sumber serat untuk kesehatan pencernaan dan penyerapan vitamin,” terang dr. Helmin, dalam acara Webinar Cerebrofort Mind Mapping Anak Masa Depan, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut dr Helmi menjelaskan seorang anak membutuhkan asupan buah sebanyak 3-5 kali dalam satu hari. Beberapa nutrisi lain juga diperlukan bagi proses pertumbuhan si kecil. Pada kesempatan tersebut dr. Helmin menjelaskan beberapa manfaat nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

Vitamin A: memberi ketajaman penglihatan di malam hari, pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Vitamin B1, B2, B6 dan B12: Vitamin B penting sebagai ko-enzim pada metabolisme protein, karbohidrat dan lemak untuk menghasilkan energi.

Vitamin C: untuk membangun imunitas tubuh

Vitamin D: berguna pada pertumbuhan tulang dan pembentukan tulang

Asam folat dan Vitamin B12: berperan penting pada proses pembentukan sel darah merah

L-lisin HCL: asam amino esensial yang dapat meningkatkan nafsu makan dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak.

Biotin: berperan pada pembentukan energi dan metabolisme asam amino.

Asam dokosaheksaenoat (DHA), Asam Eikosapentaenoat (EPA), Asam Arakhidonat (AA) masuk ke dalam lemak esensial, fungsinya untuk perkembangan otak dan mata bayi. Asam lemak rantai panjang ini diketahui sebagai komponen utama otak bayi dan retina mata yang diperlukan sejak trimester ketiga kehamilan.

Asam L glutamate: memegang peranan penting pada fungsi otak dan detoksifikasi ammonia serta dimetabolisme menjadi neurotransmiter asam gama amino bensoat (GABA).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini