Suka Pilek saat Bangun Tidur? Coba 3 Ritual Ini Deh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 481 2206239 suka-pilek-saat-bangun-tidur-coba-3-ritual-ini-deh-i86EX0q7Y4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu tiba-tiba bersin atau pilek ketika bangun tidur di pagi hari? Anda mungkin bingung kenapa hal ini bisa terjadi, meskipun sebelum tidur kita tidak mengalami gejala pilek.

Tapi, siapa sangka hal itu bisa terjadi karena Anda stres. Ya, ketika tidur, temperatur tuuh kita akan menurun, tapi dengan stres yang menumpuk, maka imunitas tubuh kita tidak siap untuk melawan virus dan bakteri.

“Ketika Anda sedang tertekan, sistem kekebalan Anda menurun, sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri,” kata Internist dari Amerika Serikat Sandra Adamson Fryhofer, MD seperti dilansir dari Menshealth.

Di samping itu, peneliti Universitas Wisconsin menyebutkan, cara ampuh untuk mengatasi stres tersebut dapat dengan melakukan meditasi. Nah, kalau sudah merasa tenang, biasanya alergi udara bisa menurun sekira 35%-60% dengan sendirinya.

Nah, jika Anda masih mengalami hal ini, coba deh ritual-ritual sederhana sebelum tidur di malam hari.

pilek saat bangun tidur

Mandi air hangat

Uap dari mandi air hangat dapat melembabkan tenggorokan dan saluran hidung. Selain itu, cara ini juga bikin tidur tak mampet. Berdasarkan studi, mandi air hangat dapat merelaksasi otot And jadi tetap nyaman.

Berkumurlah dengan air garam

Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari, terutama saat cuaca dingin. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan dan melegakan tenggorokan. Campurkan dan larutkan sekira setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Minum banyak air putih

Asupan air putih dapat mencerkan lendir di tenggorokan yang sangat mengganggu. Kamu harus melakukan sebelum tidur malam dan bangun tidur di pagi hari. Tapi hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein ya!

"Hidrasi membantu menjaga saluran hidung lembab, sehingga mereka benar-benar dapat menyingkirkan partikel kecil dari bakteri," tambah Dr Fryhofer. (mrt)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini