Hindari Wajah Kusam, Coba Pakai 4 Scrub Homemade Ini Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 611 2206178 hindari-wajah-kusam-coba-pakai-4-scrub-homemade-ini-yuk-zHtcefXFup.jpg Perawatan memakai scrub (Foto: Cassie Daves)

Sudah cukup lama mengkarantina diri di rumah karena sedang PSBB, bukan berarti kita jadi cuek soal perawatan kulit wajah.

Jangan sampai keasyikan work from home, lalu kulit wajah lupa dirawat kemudian berangsur-angsur mulai terlihat kusam dan kuyu.

Padahal merawat kulit wajah dengan scrubbing, mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menjaga kelembapan kulit jadi salah satu perawatan wajah yang penting untuk rutin dilakukan agar kulit tidak kusam dan selalu sehat juga cantik.

scrub tomat dan gula

Tak perlu keluar rumah, cukup scrubbing sendiri di rumah dengan menggunakan scrub alami yang dibuat dari empat bahan rumahan berikut ini. Apa saja bahan-bahannya dan seperti apa caranya? Mengutip Times of India, Selasa (28/4/2020) berikut ini bahan scrub homemade yang bisa kamu coba!

1. Tomat dan gula pasir

Tidak hanya enak dimakan, tomat juga bagus untuk kulit wajah karena punya manfaat membantu menenangkan kulit dan bahkan memiliki sifat anti aging. Caranya, potong tomat menjadi dua dan oleskan satu sendok teh gula di atasnya.

Sekarang tinggal gosok dengan lembut ke seluruh area wajah, pastikan gosokannya lembut ya! Setelah itu cuci wajah dengan air, dan jangan lupa oleskan pelembap wajah setelahnya.

 

2. Yogurt dan gula pasir

Berguna sebagai pelembap alami kulit sekaligus membantu mengurangi keriput dan jerawat di wajah. Campur satu sendok makan yogurt dan tambahkan satu sendok teh gula pasir.

Kemudian campurkan merata dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan campuran scrub di seluruh wajah Anda dan biarkan mengering. Setelah kering baru cuci wajah sampai bersih memakai air hangat dan setelah itu oleskan pelembap.

3. Minyak almond dan gula pasir

Minyak almond adalah bahan alami luar biasa untuk mengurangi bengkak pada wajah dan juga memperbaiki warna kulit. Ambil satu sendok makan minyak almond dan campur satu sendok teh gula pasir, untuk meningkatkan konsistensi agar lebih kental bisa ditambahkan beberapa tetes madu. Setelah semua bahan tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Cuci bersih wajah dengan air hangat sambil digosok lembut.

4. Madu dan gula pasir

Scrubbing wajah pakai madu disebutkan bisa membantu membuka pori-pori kulit, sehingga bisa membantu menghilangkan komedo. Madu juga berperan sebagai antioksidan alami dan membantu mencegah jerawat, karena memiliki sifat anti inflamasi.

Cara membuatnya, campur satu sendok makan madu dan tambahkan satu sendok teh gula pasir lalu campur dua bahan sampai merata. Oleskan di wajah dan diamkan mengering selama 20-30 menit. Setelah kering, baru cuci wajah sampai benar-benar bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini