Cara Ria Miranda Ajarkan Kebersihan ke Anak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 196 2206554 cara-ria-miranda-ajarkan-kebersihan-ke-anak-U7MS4ppV9w.jpg Ilustrasi (Foto : Parenting)

Keterbatasan yang harus dijalani masyarakat Indonesia efek pandemi COVID-19 seharusnya bisa dimaksimalkan setiap orangtua untuk lebih dekat dengan anak. Seperti yang dilakukan Ria Miranda, ia mulai mengajarkan anaknya bersih-bersih rumah.

Bukan hal yang mudah memang, tapi jika dilakukan dengan 'fun', mengajarkan anak tentang bagaimana membersihkan lantai, cuci piring, atau membersihkan sajadah akan jadi aktivitas seru selama di rumah saja.

Lantas, bagaimana cara Ria Miranda mengajarkan hal tersebut ke anaknya?

Hal utama yang harus dicatat setiap orangtua, kata Ria, adalah sebelum mengajarkan ke anak, orangtua harus melakukannya terlebih dulu. Jangan kemudian Anda berniat mengajarkan bersih-bersih rumah ke anak, tapi Anda sendiri belum pernah melakukannya.

"Jadi, si anak lihat langsung apa yang kita lakukan di dapur supaya dia percaya dengan apa yang kita akan ajarkan kepadanya," cerita Ria Miranda pada Zoom Meeting Peluncuran Sahaja, Selasa 28 April 2020.

Desainer modest fashion ini melanjutkan, sebelum mengajarkan anak, kita sebagai orangtua juga bisa memberi pemahaman ke anak kalau melakukan bersih-bersih rumah ini bisa jadi ladang pahala. Jadi, ajarkan niat kebaikan untuk menjaga rumah tetap bersih dan terhindar dari najis dan kotoran sebelum melakukan bersih-bersih rumah.

Ibu Ajarkan Anak Kebersihan

Cuci piring menjadi aktivitas pelajaran yang diberikan Ria Miranda ke anaknya. Dia bercerita, anaknya itu diajarkan cuci piring dengan benar. Selain menjaga kebersihan, itu juga mengajarkan anak rasa tanggung jawab.

"Nak, kita bersih-bersih supaya rumah kita suci. Kenapa harus cuci piring, karena kalau piring ada najisnya, kita nggak boleh pakai," ungkap Ria menirukan kalimat yang diutarakan ke anaknya.

Selain itu, orangtua harus menggunakan bahasa anak-anak saat mengajarkan anaknya hal baru. Ini menjadi penting agar anak lebih mudah paham dan melakukan kegiatan itu dengan menyenangkan.

"Orangtua harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti saat mengajarkan hal kebaikan ke anak-anak, termasuk cara menjaga kebersihan ini. Dengan bahasa yang mudah dimengerti, anak akan lebih paham dan senang melakukannya," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Ustadzah Aini Aryani menjelaskan, memberikan pelajaran menjaga kebersihan ke anak adalah hal yang patut diberikan orangtua ke anak. Sebab, kebersihan bagian dari kualitas iman seorang Muslim.

"Makanya, jangan ragu untuk mengajarkan anak bagaimana cara membersihkan diri setelah dia buang air kecil misalnya, atau diajarkan bagaimana cara cuci tangan yang benar," ungkap Ustadzah Aini.

Ibu Ajarkan Anak Kebersihan

Seperti yang diterapkan Ria Miranda, Ustadzah Aini pun sependapat bahwa mengajarkan anak itu bukan sebatas lisan, tetapi teladan. Jadi, orangtua harus melakukannya terlebih dahulu sehingga anak mencontoh dari orangtuanya.

"Mengajarkan anak hal baik itu harus dilakukan secara praktik (teladan), bukan hanya omongan saja," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini