Gara-Gara PSBB, Perempuan Ini Belajar Masak meski Hasilnya Gosong

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 298 2206888 gara-gara-psbb-perempuan-ini-belajar-masak-meski-hasilnya-gosong-OaMgFRLmfm.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ADANYA kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka penularan virus corona, membuat sebagian orang berkreasi di dapur. Aktivitas masak itu bahkan dilakukan seseorang pertama kalinya.

Seperti yang dilakukan oleh Nancy (bukan nama sebenarnya). Ia adalah seorang accounting di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

masak

Jakarta yang telah ditetapkan sebagai zona merah dari pandemi virus corona, membuat ruang gerak Nancy semakin dibatasi. Masyarakat diimbau agar melakukan kegiatan secara daring jika memungkinkan.

Sejak melaksanakan WFH, Nancy jadi lebih sering mengerjakan pekerjaan rumah, termasuk memasak. Nancy mengaku, selama PSBB dilakukan, rumah makan di sekitar tempat tinggalnya pada tutup. Hal ini memaksa dirinya untuk memasak sendiri di rumah.

Sebagai wanita yang jarang sekali menyentuh dapur, memasak merupakan momok yang sedikit menakutkan bagi Nancy. Bahkan berkali-kali ia mengalami kegagalan ketika memasak.

Saat pertama kali memasak, ia bercerita kepada Okezone kalau bakwan jagung yang di gorengnya pun gosong. Ia tidak sadar karena ukuran api yang terlalu besar.

bakwan

"Jadi waktu itu aku goreng bakwan jagung, baru ditinggal bales chat eh gosong. Aku bingung, eh ternyata api nya kegedean. Harusnya kalau goreng bakwan apinya jangan sebesar itu hahaha," ujar Nancy saat dihubungi Okezone melalui layanan telepon, Rabu (29/04/2020).

Menurutnya, memasak adalah salah satu hal yang sulit buat Nancy. Nancy mengatakan, ia selalu membeli makanan di luar ketika rasa lapar melanda.

"Entah kenapa memasak jadi sesuatu yang sulit buat aku. Dan ini bukan yang pertama kali, waktu itu aku pernah masak sayur dan garamnya enggak berasa," tuturnya sambil berkelakar.

Kendati demikian, hal itu tak membuat Nancy patah semangat. Apalagi di saat situasi sulit seperti ini, banyak menghabiskan waktu di rumah justru kesempatan untuk memperbaiki diri.

"Tapi dengan adanya situasi seperti ini, aku jadi punya kesempatan untuk belajar memasak," ujar wanita 25 tahun itu.

Nancy juga berharap, usai pandemi corona pergi, ia sudah bisa memasak. Diakuinya, terus-menerus membeli makanan di rumah makan seperti sebelumnya membuat pengeluarannya terus membengkak.

"Siapa tau nantinya aku jadi bisa masak, terus bisa lebih menghemat pengeluaran hehehe," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini