PSBB Rawan Stres, Tubuh Butuh Protein Hewani

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 481 2206852 psbb-rawan-stres-tubuh-butuh-protein-hewani-dczVmktUgB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DAMPAK dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi corona COVID-19, membuat kondisi kesehatan mental dan fisik seseorang terganggu. Karena masyarakat harus melakukan isolasi mandiri di dalam rumah, serta membatasi kontak sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Beraktivitas di rumah saja dalam kurun waktu yang lama rentan membuat Anda bosan hingga berujung stres. Padahal untuk melawan virus corona COVID-19 saja, seseorang dituntut untuk menjaga imunitas.

makanan

Diakui Corporate Affairs Director FFI, Andrew F Saputro, kondisi fisik dan psikologis menjadi poin penting di tengah berlangsungnya kebijakan PSBB. Karenanya PSBB menjadikan kita untuk mengubah pola kerja yang semula di kantor, menjadi Work From Home maupun School From Home bagi anak.

“PSBB tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dan anak yang masing masing turut menyesuaikan kegiatan kesehariannya menjadi di dalam rumah," ujar Andrew dalam diskusi bertajuk 'Building Strong Family pas #DiRumahAja: Gizi Seimbang, Aktif dan Bahagia', Rabu (29/4/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ir Ahmad Syafiq, MSc, PhD menjelaskan, untuk menjaga kondisi tubuh tetap optimal, dibutuhkan imunitas yang tangguh untuk dapat mendukung tubuh beradaptasi, dengan berbagai macam virus dan penyakit.

Untuk menjaga imunitas, Anda memerlukan beragam asupan gizi. Salah satunya protein hewani yang tentunya dikonsumsi sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

"Protein hewani dengan kandungan asam amino esensial memiliki bermacam fungsi, salah satunya untuk memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas. Sumber protein hewani dapat ditemui dari berbagai sumber, misalnya susu dan telur,” ucap Ahmad Syafiq.

Dia menambahkan, selain protein hewani, vitamin dan mineral serta air juga tidak boleh dilupakan. Dalam hal ini susu dan telur, merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik karena mudah diserap tubuh dan komposisi asam amino esensialnya lengkap.

Susu juga mengandung beberapa sumber zat gizi penting untuk mendukung berfungsinya sistem imun, seperti asam amino esensial, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (kobalamin), zinc, selenium, dan vitamin D3.

"Vitamin D3 sangat baik kita konsumsi di bulan puasa ini karena dapat membantu proses penyerapan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh saat kita berpuasa seharian penuh. Selain dari makanan, paparan sinar matahari pagi juga penting karena membantu mengubah pro vitamin D dalam tubuh kita menjadi vitamin D," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini