4 Manfaat Ajaib Kacang Hijau untuk Kecantikan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 611 2206579 4-manfaat-ajaib-kacang-hijau-untuk-kecantikan-GJPzStiC96.jpg Kacang hijau (Foto: Nutty)

Mendengar kata kacang hijau, yang terbesit di benak kebanyakan orang adalah bahan makanan untuk membuat bubur kacang hijau atau biji untuk menanam tauge.

Well, selain enak untuk diolah jadi bubur kacang hijau dan berbagai makanan lainnya. Ternyata kacang hijau juga punya banyak kegunaan lainnya, contohnya untuk perawatan kecantikan rambut, tubuh, hingga kulit wajah.

 kacang hijau

Apa saja kegunaan kacang hijau untuk kulit wajah, kulit tubuh dan rambut dan bagaimana cara untuk mendapatkannya? Daripada penasaran, yuk baca dulu paparan singkat empat manfaat ajaib kacang hijau di bawah ini.

1. Masker

Masker dari kacang hijau ideal untuk orang dengan tipe kulit kering dan bersisik. Rendam segenggam kacang hijau dalam susu mentah semalaman. Keesokan paginya, giling rendaman kacang hijau sampai menjadi pasta. Balurkan pasta kacang hijau ke wajah sebagai masker.

Diamkan hingga masker mengering, setelah kering baru cuci wajah sampai bersih dengan air. Rutin maskeran dengan pasta kacang hijau ini, kulit wajah akan berangsur-angsur lembut dan kenyal.

2. Obat jerawat

Buat orang-orang yang sudah lelah dengan kehadiran jerawat yang membandel. Kacang hijau hadir sebagai solusi, rendam segenggam kacang hijau dalam air semalaman. Keesokan paginya, giling rendaman kacang hijau sampai menjadi pasta, baru campurkan dengan setengah sendok teh ghee, aduk merata baru aplikasikan ke seluruh area wajah.

Pijat-pijat wajah dengan lembut dan biarkan selama 10 menit. Cuci muka dengan air hangat dan keringkan. Untuk hasil yang efektif, pakai masker kacang hijau ini tiga kali seminggu.

3. Menyamarkan kulit yang terbakar matahari

Area kulit yang menghitam karena terbakar sinar matahari bisa disamarkan juga dengan bantuan kacang hijau loh! Sama seperti di atas, buat pasta dari rendaman kacang hijau dan air yang telah direndam semalaman.

Setelah digiling dan jadi pasta, tambahkan gel lidah buaya. Lalu oleskan pasta ke area kulit yang menghitam. Diamkan selama 5-10 menit, setelah itu cuci bersih dengan air dingin.

 

4. Menumbuhkan rambut

Solusi untuk yang mengalami kerontokan rambut atau rambut kering. Buat masker rambut dari kacang hijau, dengan cara merebus kacang hijau mentah secukupnya. Setelah matang, campur dengan kuning telur, beberapa tetes lemon, dan dadih lalu aduk menjadi adonan pasta kental.

Aplikasikan ke seluruh bagian rambut sebagai masker rambut, diamkan selama 15 menit. Terakhir, cuci rambut sampai bersih memakai sampo dan keringkan sampai benar-benar kering. Untuk hasil nyata, gunakan masker rambut dari kacang hijau ini dua kali seminggu. Demikian seperti dilansir Times of India, Rabu (29/4/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini