Lelaki atau Perempuan, Mana yang Lebih Mudah Berjerawat?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 611 2206925 lelaki-atau-perempuan-mana-yang-lebih-mudah-berjerawat-mcJHY7iWp6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang bisa muncul pada siapa saja, tidak pandang apakah dia laki-laki atau perempuan. Tapi, biasanya para perempuan lebih banyak mengeluh jika wajah mereka berjerawat.

Memang, orang-orang yang memiliki kulit berminyak lebih mudah untuk berjerawat. Tapi jangan salah, ternyata kelenjar minyak pengeluarannya dirangsang oleh hormon androgen pada pria loh.

"Pada pria, produksi hormon androgen ini lebih banyak. Karena itu, produksi minyak pada kulit semakin banyak. Ini yang membuat pria justru lebih rentan mengalami masalah jerawat dibandingkan wanita," tutur dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, Ph.D, FINSDV, FAADV.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jerawat sendiri bisa muncul pada wajah lantaran melalui beberapa tahap. Pertama, produksi minyak berlebih menghasilkan sumbatan di pori-pori dari kotoran, debu, dan minyak. Belum lagi bila ada sisa-sisa kulit mati pada wajah yang ikut menempel.

Kedua, bisa jadi produksi kelenjar minyak yang banyak, diiringi dengan pertumbuhan kuman yang sama banyaknya sehingga muncul reaksi peradangan. Yang mulanya komedo, bisa meradang menjadi masalah jerawat.

Nah, agar terhindar dari masalah membandel ini. Maka setiap pria dianjurkan untuk melakukan tiga tahap perawatan kulit mendasar.

Siapa lebih mudah berjerawat

Pertama, membersihkan wajah, dianjurkan pembersihan wajah dilakukan minimal dua kali sehari saat pagi dan sore hari. Namun, bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan cukup padat, penting untuk menambah kembali frekuensi membersihkan wajah.

"Waktu terbaik membersihkan wajah adalah saat mandi. Karena kita tinggal di negara tropis, maka disarankan mandi dilakukan saat pagi dan sore atau malam hari. Saat mandi perlu disertai pembersihan wajah," papar dokter yang melakukan praktik di sebuah klinik kecantikan di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Namun, membersihkan wajah saja tidak cukup sebagai ritual perawatan kulit. Selain membersihkan wajah, para pria juga perlu menggunakan pelembap wajah dan melindungi kulit wajah dengan penggunaan sunscreen.

“Sebaiknya penggunaan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas. Kemudian, perlu dire-aplikasi setiap dua jam sekali, terutama bagi mereka yang melakukan aktivitas di luar ruangan lebih banyak," katanya.

Meski demikian, jika aktivitas di luar kantornya tidak terlalu banyak, tidak perlu mengaplikasikan sunscreen terlalu serinc. "Di pagi hari sudah cukup,” kata dokter yang akrab disapa Yanti ini.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini