Agar Tubuh Tak Lemas, Berapa Jam Waktu Tidur untuk Orang yang Berpuasa?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 481 2207317 agar-tubuh-tak-lemas-berapa-jam-waktu-tidur-untuk-orang-yang-berpuasa-6NBw0piCbD.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

SEBAGIAN orang mungkin berfikir bahwa puasa Ramadhan sejak pagi hingga malam akan membuat tubuh lemas. Padahal tidak demikian jika mengetahui acara mendapatkan tubuh bugar saat puasa.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Vivien Maryam, Sp.PD mengatakan jam tidur yang cukup bisa menjaga imunitas tubuh. Lalu berapa jam sebaiknya orang yang puasa tidur?

Vivien mengatakan memiliki jam tidur yang baik yaitu 8 jam sehari di bulan Ramadhan. Menurutnya tidur 8 menjadi salah satu kunci menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap tidur cukup.

"Upayakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari. Jika di tempat kerja memungkinkan, Anda bisa tidur siang sebentar saat istirahat," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Sedangkan bagi sedang berkeja di rumah (WFG) karena penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB), maka sebaiknya sempatkan tidur siang 1 jam lebih.

"Bagi yang bekerja di rumah selama social distancing, upayakan tidur siang tidak lebih dari 1 jam," katanya.

Dokter Vivien menambahkan, waktu tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan daya memori. Tak hanya itu, tidur cukup juga membuat jantung menjadi lebih fit.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini