Guys, Ini Cara Mudah Membotaki Rambut di Rumah

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 611 2207321 guys-ini-cara-mudah-membotaki-rambut-di-rumah-HRFJU1oVn2.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SALAH satu keluhan yang dirasakan banyak orang saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah tidak bisa pergi ke salon atau barber shop untuk potong rambut. Dilema ini bukan hanya dirasakan oleh kaum hawa, tapi juga kaum pria.

Sebagian pria mungkin sudah tidak tahan dengan rambut yang sudah gondrong memanjang, karena membuat gerah. Karena tak bisa ke barber shop, maka kamu bisa mencoba mencukur rambut sendiri.

Terlebih jika kamu ingin membotaki, ada baiknya untuk mengetahui dulu empat tips sebelum mencukur habis rambutmu. Dikutip Okezone dari Esquire, Kamis (30/4/2020) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

Kenali bentuk kepala

botak

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah sudah kenal betul seperti apa bentuk dan ukuran kepala. Bentuk kepala sangat berkaitan seberapa solid penampilan kepala botakmu. Setelah itu, periksa dulu apakah di area kepala ada benjolan, atau bagian yang tidak rata. Bentuk kepala yang bundar disebut jadi bentuk terbaik untuk gaya botak.

Tidak memusingkan soal waktu

Jangan memusingkan soal waktu, sebab tidak ada waktu yang salah untuk mencukur habis rambut sampai plontos. Meski sekarang tidak bisa pergi ke salon atau barbershop, tapi kamu tetap bisa berkonsultasi online dengan tukang cukur langganan.

Kamu bisa diskusi soal jenis rambut, kulit kepala, hingga bentuk kepala. Setelah itu, cari rekomendasi potongan seperti apa yang cocok untukmu.

Tapi jika masih salah cukur, tak perlu pusing karena ini hanya soal mencukur rambut. Jadi kamu tak perlu merasa khawatir selamanya kan?

All out

Jika sudah mantap berniat untuk membotaki kepala, maka lakukan cukup sekali tapi dengan bersungguh-sungguh. Sehingga hasilnya pun bagus. Mencukur rambut sendiri di rumah sampai jadi botak, trik dari Andrew McCormick, hair stylist profesional ialah lakukan dengan pelan-pelan. Jangan langsung bernafsu untuk langsung menghabisi rambut, hingga benar-benar sampai di kulit kepala. Jika cukup berani, Andrew mengatakan mulailah mencukur satu inci rambut baru lalu teruskan sampai ke bawah.

Ikuti pola yang sudah ada

Sebelumnya, rambut yang sudah terbiasa dicukur dengan teknik dari para hair sylist atau kapster (tukang potong rambut) profesional, pasti sudah memiliki polanya sendiri. Nah, saat cukur sendiri di rumah seperti sekarang, direkomendasikan untuk mengikuti saja pola yang sudah ada tersebut.

Sekali pola potongan di awal sudah dilakukan, disebutkan akan jadi lebih mudah untuk mengikutinya. Jika potongan awalnya simpel, rambut cepak pendek 1 inci, maka kamu hanya menjaga potongannya tetap rapi, dengan clipper yang bagus dan berkualitas baik.

Jika ingin lebih rendah, pastikan ketika mulai mencukur rambut mulai dengan ukuran lebih panjang yang diinginkan. Setelah itu, mulai dipotong lagi lebih bawah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini