Kenali 3 Penyebab Orang Suka Cari Perhatian di Medsos

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 612 2207490 kenali-3-penyebab-orang-suka-cari-perhatian-di-medsos-hqpEYTfb5z.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEDIA sosial kini seakan tidak bisa dipisahkan dari kedidupan manusia. Sejak pagi hari hingga tengah malam, seseorang masih bergantung dengan media sosial.

Di media sosial banyak hal yang bisa dilakukan. Termauk berinteraksi, curhat, membagikan momen dan aktivitas melalui media sosial. Bahkan untuk media sosial sangat berjasa di tengah pandemi corona COVID-19.

Namun ingat, tidak selamanya media sosal berdampak baik, ya. Pasi ada dampak buruk yang bisa kamu hadapi jika terlalu bergantung dengan media sosial setiap saat, apalagi untuk mencari sebuah perhatian.

Meski banyaknya platform media sosial memang dapat menghasilkan uang, banyak pula yang menyalahgunakan. Misalnya saja platform seperti Instagram, Twitter dan TikTok, yang pada dasarnya untuk menjual perhatian.

Ada banyak hal yang membuat seseorang untuk mencari perhatian di media sosial. Dilansir Yourtango, berikut tiga ulasannya.

Kamu akan berpikir berlebihan dan membandingkan

media

Ketika kamu mulai berpikir tentang konten kamu, itu mudah untuk dipikirkan. Kamu dapat membandingkan diri sendiri dengan pembuat konten lainnya. Serta bertanya-tanya mengapa mereka memiliki banyak followers. Mungkin juga bertanya-tanya mengapa ide-ide kamu tidak mendapatkan minat dan secara obsesif, ketika merencanakan konten yang menurut kamu semua orang ingin melihatnya.

Selain itu, kreativitas kamu akan berkurang ketika terlalu banyak berpikir konten mana yang akan menarik perhatian dan mana yang tidak. Posting secara spontan karena kamu benar-benar peduli, bukan karena kamu ingin perhatian orang lain.

Kamu akan berhenti memperhatikan hal-hal lain

Kita semua ingin orang-orang menyukai unggahan diri sendiri di media sosial. Tetapi jika kamu terlalu sibuk dengan orang-orang yang peduli dengan keberadaan media sosial kamu atau tidak, kamu akan berhenti memperhatikan segala hal lain dalam hidup kamu dan mementingkan followers kamu.

Kamu akan merasa iri dengan orang lain

Ketika jumlah followers kamu di media sosial tetap sama untuk sementara waktu, itu akan menimbulkan rasa cemburu atau iri, ketika kamu melihat orang lain dengan jumlah followers-nya lebih banyak dari kamu. Tentu hal ini bisa menimbulkan pemikiran yang tidak percaya diri dan ini salah. Seharusnya kamu tidak terlalu memikirkan followers, ya.

Ketahuilah bahwa konten terbaik adalah milik kamu. Coba banggalah terhadap sesuatu hal yang kamu posting, bukan berapa banyak orang yang mengikuti atau menyukai apa yang kamu posting.

Mencoba untuk mendapatkan lebih banyak pengikut mungkin tampak menyenangkan pada awalnya. Tetapi hal ini justru dapat mengganggu kesehatan mental dan merasa terlalu kompetitif, cemburu, dan lebih rendah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini