4 Cara Mengatasi Kesepian yang Bisa Kamu Coba

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 196 2207933 4-cara-mengatasi-kesepian-yang-bisa-kamu-coba-PBGcFvEPAf.jpg Merasa kesepian (Foto: You Work For Them)

Di tengah physical distancing maupun PSBB, terkadang muncul rasa kesepian yang mencekam. Memang perasaan ini bagai hantu, namun harus dihadapi.

Banyak orang yang menghindari rasa kesepian itu dengan melakukan banyak hal. Namun bagaimana cara mengatasi kesepian itu sendiri?

kesepian

1. Akui bahwa kamu kesepian

Banyak orang yang menyangkal bahwa mereka kesepian. Mereka mengalihkannya dengan tidur seharian, menonton TV, nonton Youtube dan lainnya. Namun menyibukkan diri tanpa mengakui bahwa kamu kesepian tidak akan mengobati kesepian itu sendiri.

Studi Ami Rokach menyatakan, bahwa penerimaan dan refleksi diri menjadi salah satu cara untuk mengubah dampak negatif kesepian menjadi sesuatu yang lebih positif. Akui kamu kesepian dan mencoba mencari sumbernya untuk bisa mengatasi kesepian? Di antaranya penyebab merasa kesepian, misalnya karena orang-orang di sekitarmu tampak bahagia. Sedangkan kamu merasa terpuruk.

Kemudian, cari tahu juga situasi atau waktu seperti apa yang biasanya memicu rasa kesepian. Misalnya pulang kerja tidak ada orang yang menyambut. Dari sana kamu belajar untuk memperbaiki pandanganmu terhadap hidupmu dan pelan-pelan mengusir rasa kesepian di hatimu.

2. Yakinlah bahwa kesepian bisa dilawan

Saat kamu merasa kesepian, tandanya ada sesuatu yang memicu ingatanmu terhadap perasaan menyakitkan, menakutkan, dan kehampaan yang membuatmu merasa sendirian. Misalnya kesepian akibat perceraian.

Sementara otak dirancang untuk memperhatikan rasa sakit dan bahaya, termasuk perasaan menakutkan dan menyakitkan. Oleh karena itu, saat kamu merasa kesepian, otak mengirimkan sinyal yang membuat kesepian mendominasi perasaanmu.

Kamu harus segera sadar pada dasarnya kesepian adalah kondisi emosi yang sebenarnya muncul dari dalam dirimu berdasarkan persepsimu sendiri. Maka cobalah usir dengan berpikir lebih positif.

3. Lakukan kegiatan untuk melawan kesepian

Mengatasi kesepian kadang cukup sederhana. Misalnya berbincang-bincang dengan santai bersama ibumu. Ceritakan kesepian dan keresahan hatimu. Namun jika kamu jauh dari keluarga, kamu bisa bergabung di sebuah komunitas baru agar bisa bertukar pikiran. Namun di era physical distancing kamu bisa coba video call dengan teman-temanmu dan sadari kamu sejatinya tak sendirian.

4. Curhat ke psikolog

Namun jika semua kegiatan untuk melawan kesepian sudah dilakukan namun belum berhasil juga, maka saatnya kamu meminta bantuan ke psikolog. Mereka akan memberikan nasihat untuk mengatasi kesepianmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini