Resep Sahur Pokcoy Siram Ayam Saus Tiram, Sehat dan Lezat!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 03 Mei 2020 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 298 2207900 resep-sahur-pokcoy-siram-ayam-saus-tiram-sehat-dan-lezat-z4dAy3gXp9.jpg Pokcoy Siram Ayam Saus Tiram (Foto : @resep_masak_pemula/Instagram)

Pokcoy atau niasa disebut sebagai sawi hijau dan digunakan sebagai sayuran dalam hidangan bakso di pedangang kaki lima. Meski sederhana dan murah, jangan salah ternyata pokcoy mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti dikutip Medicalnewstoday, sebagai sayuran hijau pokcoy berguna sebagai anti-kanker tertentu loh!

Pokcoy mengandung folat yang mana berperan dalam memproduksi dan perbaikan DNA, sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA. Tak hanya itu, pokcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang bekerja sebagai nutrisi yag memiliki sifat antioksidan kuat, sehingga membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas.

Untuk hidangan berbasis pokcoy sebagai menu santap sahur, ada pokcoy ayam saus tiram yang mudah dibuat dan cocok untuk pemula. Menyitat resep ala “ @siska_dewi_lestari” yang diunggah oleh akun laman Instagram, @resep_masak_pemula,  berikut paparan singkat resep pokcoy siram ayam saus tiram.

Pokcoy siram ayam saus tiram

Bahan-bahan;

3 bonggol pokcoy, lepas per batang, cuci bersih;

Air secukupnya,;

1 sendok makan minyak goreng;

Garam, secukupnya;

Bahan ayam saus tiram;

200 gram daging ayam fillet, potong kecil-kecil;

1/2 buah bawang bombay, iris-iris;

1 sendok makan saus tiram

1 sendok teh minyak wijen

1 sendok makan kecap asin;

Kecap manis secukupnya

Bumbu halus :

4 siung bawang putih;

1 sentimeter jahe;

Gula, garam, merica bubuk secukupnya;

Pokcoy Siram

Cara memasak;

1. Didihkan air, beri garam dan minyak goreng, masukkan pokcoy, rebus kurang lebih selama dua menit. Angkat, tiriskan. Jika suka rasa pakcoy yang masih garing setelah diangkat siram dengan air matang dingin;

2. Tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai wangi, masukkan ayam dan minyak wijen, aduk sampai ayam berubah warna;

3. Tambahkan kecap manis, kecap asin dan saus tiram, beri air secukupnya, kurang lebih 150 ml, masak sampai ayam matang dan bumbunya meresap;

4. Tes rasa, jika rasanya sudah pas, matikan api kompor; dan koreksi rasa.

5. Tata pokcoy yang sudah direbus tadi pada piring, lalu siram dengan siraman ayam saus tiram. Sajikan selagi hangat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini