Share

Manfaat Berlatih Teknik Pernapasan Wim Hof, Mulai dari Bikin Tidur Nyenyak Hingga Sembuhkan Penyakit Autoimun

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 481 2207781 manfaat-berlatih-teknik-pernapasan-wim-hof-mulai-dari-bikin-tidur-nyenyak-hingga-sembuhkan-penyakit-autoimun-Rx8Sa8RVHy.jpg Wim Hof (Foto : News.com)

Wim Hof Breathing adalah teknik pernapasan khusus yang dicetuskan oleh Wim Hof, yang terkenal sebagai The Iceman. Teknik pernapasan Wim Hof ini mampu menjaga tubuhnya dalam kondisi optimal dan terkontrol penuh meski tengah menghadapi kondisi paling ekstrem.

Wim Hof Breathing disebutkan adalah teknik pernapasan yang simpel dan mudah, sehingga bisa dilakukan oleh semua orang. Latihan pernapasan difokuskan pada inhalasi dan pernapasan dalam serta berirama dengan waktu retensi (menahan napas selama beberapa saat).

Direkomendasikan, latihan teknik pernapasan khusus Wim Hof Breathing dipraktikkan di saat-saat tertentu. Misalnya sesaat setelah berjalan, sebelum makan, atau ketika perut dalam keadaan masih kosong.

Wim Hof

Dalam situs resminya, disebutkan dengan melakukan latihan pernapasan, kita bisa melepaskan lebih banyak energi negatif. Latihan pernapasan juga memengaruhi sistem saraf diri kita, dan mengubah berbagai respons fisiologis. Dengan mendorong respons stres singkat yang ada, sehingga bisa lebih tahan terhadap stres sehari-hari, mental dan fisiologi pun disebutkan jadi lebih terkendali.

Sementara itu, untuk manfaat yang bisa dirasakan sehari-hari, jika dikombinasikan bersama dua metode lainnya yakni cold therapy dan melatih mindset.

Sebagaimana dilansir Wimhofmethod, Jumat (1/5/2020), ketika ketiga metode ala Win Hof ini dikombinasikan, ketiga metode ini itu akan membantu diri menjadi lebih kuat dan meningkatkan kesehatan, termasuk di antaranya membantu mengurangi stres, mendongkrak recovery atau pulih lebih cepat usai melakukan aktivitas fisik, kualitas tidur yang lebih baik, kinerja meningkat saat berolahraga, meningkatkan kreativitas, hingga membantu pikiran untuk lebih fokus.

Tak hanya itu, disebutkan lebih lanjut metode Wim Hof juga terkait dengan mengurangi gejala penyakit seperti rheumatoid arthritis, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, asma, sarkoidosis, vaskulitis, dan beberapa penyakit autoimun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini