4 Tips agar Tak Kehilangan Fokus Kerja Selama Puasa

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 612 2207851 4-tips-agar-tak-kehilangan-fokus-kerja-selama-puasa-UJ9TAbnLck.jpg Ilustrasi. Foto: Readersdigest

Puasa Ramadhan akan membuat perut keroncongan dan dahaga sepanjang hari. Namun itu tidak harus membuat Anda kehilangan fokus saat bekerja.

Dilansir dari laman Productive Muslim, rasa lapar dan haus saat puasa tidak akan mengurangi fokus kerja asal Anda mengikuti tips berikut. Pertama, setiap perusahaan pasti memberikan jam istirahat minimal 1 jam pada siang hari. Jadi manfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak sehingga fokus terjaga.

Kedua, upayakan mengambil jeda selama 5 sampai 10 menit untuk relaksasi. Untuk mendapatkan relaksasi, Anda bisa membaca Alquran setelah menunaikan ibadah salat lima waktu, terutama saat salat dzuhur dan ashar.

Ketiga, bangun pikiran positif selama bekerja. Membaca ayat suci Alquran sebelum mulai bekerja dapat membantu berpikir positif selama bekerja. Atau ucapkan ‘Bismillah’ sebelum memulai kerja agar Allah SWT meridhoi pekerjaan sepanjang hari.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Keempat, jangan menunda pekerjaan yang membuatnya menumpuk. Selesaikan secara bertahap dan terukur.

Di samping hal-hal di atas, menu makan sahur dan berbuka juga sangat penting. Pastikan tubuh Ada mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, buah-buahan, dan sayuran, dalam jumlah yang seimbang.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini