Ini Alasan Kenapa Orangtua Harus Pintar Pakai Gadget

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 196 2208077 ini-alasan-kenapa-orangtua-harus-pintar-pakai-gadget-oOaII3UggK.jpg Ilustrasi. Foto: Indiatimes

PADA era digital penggunaan gadget sangat penting untuk mempermudah aktivitas sehari-hari, terlebih bagi para orangtua yang memiliki anak. Anda harus bisa menguasai kemampuan menggunakan teknologi untuk memantau segala aktivitas si kecil.

Ibu dari dua anak, Widya, mengaku berusaha menggunakan gadget untuk menghadapi era digital. Menurutnya orangtua harus pintar menggunakan gadget agar dapat mengontrol kegiatan anak di dunia maya.

“Awalnya agak susah buat para orangtua, tapi mau enggak mau harus bisa menguasai teknologi. Anak pakai smartphone (gadget), kita sebagai orangtua juga harus paham mengoperasikannya. Tujuannya adalah untuk mengawasi aktivitas anak tersebut,” ujar Widya kepada Okezone.

Lebih lanjut Widya mengatakan kecanggihan teknologi juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak. Oleh sebab itu ia berusaha selalu memperhatikan aktivitas sang anak saat menggunakan gadget.

“Anak zaman sekarang kan dikit-dikit smartphone. Takutnya ada oknum enggak bertanggung jawab mau nipu, atau anak melakukan aktivitas lain yang tidak sesuai dengan umurnya. Jadi kita harus kontrol semuanya, caranya dengan memahami bagaimana mengoperasikan gadget tersebut,” lanjutnya.

Widya pun mengaku sempat mengalami kesulitan saat belajar mengoperasikan gadget. Meski demikian, hal tersebut tidak membuatnya patah semangat untuk terus belajar guna mengimbangi kemampuan sang anak.

“Dulu waktu tahun 2.000-an handphone kan layarnya masih monokrom, masih belum canggih. Lalu keluar yang lebih canggih, layarnya berwarna, bisa chat-chatan pakai aplikasi. Buat orang berumur mungkin agak sulit sih menyesuaikannya, agak lama pahamnya. Tapi kalau mau terus belajar, bisa kok,” tuntasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini