5 Makanan Sehat Ini Dapat Memperbaiki Suasana Hati yang Kacau

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 298 2208125 5-makanan-sehat-ini-dapat-memperbaiki-suasana-hati-yang-kacau-cn8Y0jqiOd.jpg Ilustrasi. Foto: BBC

KETIKA sedang berada pada suasana tidak menyenangkan (bad day) atau kerap moody tentunya hati dan pikiran akan terganggu. Bahkan tidak sedikit yang meluapkannya dengan mengonsumsi makanan berlebih, sehingga tak jarang mengalami gangguan kesehatan.

Namun tahukah Anda, bahwa ada beberapa makanan dapat mengurangi perasaan tidak menyenangkan itu? Dikutip dari laman Southchinamorningpost, berikut lima makanan yang dapat memperbaiki mood atau suasana hati yang kacau:

1. Kacang Brazil

Kacang Brazil memiliki kandungan selenium, yakni sejenis zat mineral yang dapat mengatasi moody. Menurut hasil sejumlah penelitian, bahwa seseorang yang kekurangan zat tersebut maka akan mudah marah dan gelisah.

Foto: Istimewa 

Jenis kacang ini biasa dikonsumsi sebagai topping salad, pelengkap sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

2. Buah Beri

Beri jadi salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, dimana zat tersebut berfungsi sebagai pelundung sel-sel sehat dan dikenal juga dapat meningkatkan fungsi otak serta sistem syaraf.

Selain itu yang terpenting adalah buah beri memiliki kada gula cukup rendah. Oleh karena itu tak perlu khawatir saat makan buah-buahan beri sebagai camilan.

3. Telur

Foto: Istimewa

Di dalam telur terkandung asam amino, vitamin D, B12, dan mineral seperti seng serta magnesium yang dipercaya dapat membantu mengurangi stres. Makanan satu ini juga tinggi protein, dilepaskan perlahan, sehingga membuat perut bisa merasa kenyang lebih lama.

Perasaan kenyang lebih lama cukup baik untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Belum lagi adanya kolin, nutrisi yang mendukung sistem saraf dan meningkatkan suasana hati.

4. Cokelat

Selanjutnya adalah cokelat, makanan yang dapat memperbaiki suasana hati ini banyak diminati orang khususnya kaum hawa. Jenis cokelat yang ampuh mengendalikan mood ini yakni dark chocolate, dimana dapat membuat otak melepaskan endorfin yaitu hormon yang ada dalam setiap manusia.

Bagi Anda yang ingin mengosumsi dark chocolate lebih nikmat, dapat diolah ke dalam berbagai macam makanan dan minuman seperti smoothies, milkshake, topping sereal, atau sebagai cocolan saat makan buah stroberi.

5. Oat

Terakhir adalah oat, dimana biasa dijadikan menu sarapan oleh sebagian orang dan sebagai pengganti nasi bagi yang sedang diet. Selain itu, oat juga mengandung magnesium yang membantu melawan kelelahan dan stres.

Untuk itu dengan mengonsumsi oat, Anda dapat lebih banyak sumber karbohidrat kompleks. Makanan satu ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah. Juga membantu menjaga produksi serotonin yang sehat.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini