Mom, Berikut Menu Sarapan Bernutrisi yang Disukai Anak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 298 2208857 mom-berikut-menu-sarapan-bernutrisi-yang-disukai-anak-sqTSaqlido.jpg Beef calzone (Foto: True Aussie Beef)

MEMBERIKAN sarapan di pagi hari pada anak-anak merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Meski saat ini anak-anak hanya belajar di rumah melalui virtual online learning, namun sebelum belajar, asupan nutrisi penting untuk diperhatikan.

Oleh karena itu, anak-anak diharuskan mengonsumsi sarapan bergizi pada pagi hari. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang berbahan dasar daging sapi terutama daging sapi Australia.

Seperti dilansir dari buku Good Beef, Good Cook, Good Meal by True Aussie Beef, di dalam daging sapi Australia, terdapat sumber protein dan zat besi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan jasmani dan otak.

Setiap 100 gram daging merah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi dibanding yang terdapat pada daging ayam serta sembilan kali lebih banyak dari daging ikan.

Selain mengandung berbagai nutrisi, menikmati sarapan dari menu berbahan dasar daging sapi Australia juga sangat praktis. Daging sapi Australia mudah diolah untuk jenis masakan apapun membuat daging sapi Australia menjadi pilihan utama ibu-ibu untuk menyiapkan masakan yang lezat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga.

Lalu menu apa kira-kira yang disukai anak-anak saat sarapan? Kali ini, Okezone akan merekomendasikan Beef Calzone, yang akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Bahan-bahan:

275 gram tepung terigu

2 ½ sdt ragi instan

1 ½ sdt garam

250ml air

2 sd olive oil

Bahan isi:

1 sdt mentega

1 siung bawang putih cincang halus

½ bawang bombay diiris

250 gram daging sapi giling

100 gram saus pizza

150 gram parmesan

garam dan lada bubuk secukupnya

Cara membuat:

Untuk isi:

Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, kemudian tambahkan daging giling dan masak hingga berubah warna. Tambahkan garam dan lada bubuk, aduk hingga rata dan sisihkan.

Untuk kulit:

Campur tepung, ragi dan garam, aduk rata, tambahkan olive oil dan air, uleni hingga kalis. Potong dan timbang adonan seberat 50 gram, kemudian tutup adonan dengan plastik dan istirahatkan selama 1 jam.

Selanjutnya, tipiskan adonan, oles satu sisi dengan saus pizza, beri tumisan daging dan parmesan di atasnya, kemudian tutup dan lipat seperti pastel. Taburi atas adonan dengan tepung terigu, lakukan hal yang sama hingga adonan habis kemudian susun di atas loyang.

Terakhir, panggang oven dengan suhu 180 derajat selama 45 menit atau hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan.

Ada opsi lain untuk kulit jika ingin lebih praktis dan menghemat waktu, kulit bisa diganti dengan roti tawar dan dipanggag sesuai arahan di atas.

(cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini