Keracunan Makanan saat PSBB, Atasi dengan 5 Bahan Berikut

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 22:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 298 2209122 keracunan-makanan-saat-psbb-atasi-dengan-5-bahan-berikut-bEa8OI9CZf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TERKURUNG di rumah dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti kita bisa makan segala macam makanan. Salah-salah, Anda bisa keracunan makanan, karena makanan yang Anda makan mungkin tidak segar.

Tidak mau kan, di saat kita harus di rumah aja, harus pergi ke rumah sakit karena gejala keracunan makanan seperti mual, muntah, diare, dan gejala umum lainnya. Pasalnya, rumah sakit menjadi salah satu tempat persebaran virus paling besar.

Tapi, tidak perlu panik, jika mengalami gejala keracunan makanan. Cobalah konsumsi ramuan rumahan yang terbuat dari campuran beberapa jenis makanan. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Times of India.

Sakit perut keracunan makanan

Vitamin C

Vitamin C dikenal karena sifat antioksidannya. Kandungan terebut dapat membantu menghilangkan bakteri dan racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengalami gejala keracunan makanan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan kiwi.

Bawang putih

Bawang putih dikenal karena sifat antiviral, antibakteri, dan antijamurnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran tersebut juga dapat membantu tubuh membersihkan sistem pencernaan. Jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami keracunan makanan, segera berikan satu siung bawang putih segar dan konsumsilah bersama air mineral.

Air perasan lemon

Air perasan lemon sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena kaya antioksidan. Di samping itu, lemon juga dipercaya dapat membantu sistem pencernaan. Campurkanlah ½ lemon dengan 1 gelas air untuk menyembuhkan gejala keracunan makanan. Jika rasanya terlalu asam, Anda bisa menambahkan madu.

Pisang

Masih ingat dengan ungkapan “an apple day keeps the doctor away” ? Selain apel, ternyata ada satu jenis buah-buahan yang ampuh dalam mengatasi keracunan makanan yakni, pisang. Pisang mengandung serat dan potassium yang cukup tinggi, sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang ketika Anda mengalami keracunan makanan.

Madu dan jahe

Sejak zaman dahulu jahe sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Nah untuk meredakan gejala keracunan makanan, Anda bisa mencampurkan madu dengan 1-2 inci jahe, lalu tambahkan air hangat.

Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe memiliki sifat antimikroba yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan. Sementara itu, madu digunakan untuk mempercepat proses pemulihan serta membantu menyingkirkan rasa mual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini