4 Tips Nyaman Berjemur di Bawah Sinar Matahari saat Puasa Ramadhan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 481 2208709 4-tips-nyaman-berjemur-di-bawah-sinar-matahari-saat-puasa-ramadhan-Fw66O4Uach.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA Ramadhan kebiasaan berjemur janganlah dihilangkan. Anda tetap harus menjaga imunitas tubuh demi melawan virus corona.

Dengan berjemur Anda mendapatkan banyak sumber vitamin D. Sementara sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk mencegah defisiensi vitamin D, maka Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Matahari mengandung Ultraviolet A (AVA), Ultraviolet B (UVB), keduanya dibutuhkan agar tubuh manusia lebih sehat.

Nah, karena kulit Anda akan terpapar sinar matahari sekira 10 hingga 20 menit, maka Anda harus memerhatikan kenyamanan. Bagaimana tips nyaman berjemur di bawah sinar matahari ya? Simak ulasannya berikut ini, dilansir Okezone dari Healthline, Senin (4/5/2020).

Kenakan tabir surya SPF 30

tabir

Walau kulit sangat membutuhkan paparan sinar matahari, bukan berarti Anda tidak melindunginya. Oleskan tabir surya dengan SPF 30 saat 15 menit sebelum pergi keluar rumah. Pastikan Anda mengoleskan tabir surya di wajah, bibir tangan dan kaki yang terkena paparan sinar matahari.

(Baca Juga : Merawat Kulit Agar Tetap Cantik di Tengah Pandemi Covid-19)

Gunakan pakaian nyaman

Gunakan pakaian nyaman, terutama yang menyerap keringat. Selama berjemur Anda dapat menggunakan kaus lengan pendek, karena kulit tangan harus terpapar sinar matahari. Gunakan juga baju warna cerah agar tidak menyerap panas. Berjemurlah sambil melakukan kegiatan yang asyik dan tidak membosankan di bawah sinar matahari.

Gunakan sunglasses

Walau kulit Anda harus terpapar sinar matahari, bagian mata harus ditutupi loh. Sebab sinar radiasi dari sinar matahari dapat mengganggu kesehatan mata. Makanya gunakan kacamata hitam untuk mencegah sinar matahari masuk ke mata.

Jangan lupa stretching

stretching

Stretching di sela berjemur juga harus dilakukan. Fungsinya tentu dapat menjaga kekuatan otot, juga membuat Anda lebih rileks. Stretching dengan gerakan-gerakan ringan, sambil menghirup udara segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini