Jangan Langsung Minum Obat, Ini 6 bahan Alami Atasi Batuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 612 2208891 jangan-langsung-minum-obat-ini-6-bahan-alami-atasi-batuk-3ApVom2spC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BATUK merupakan masalah yang paling sering kita alami, seiring dengan perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini. Nah, jika Anda mengalami batuk, jangan langsung minum obat.

Batuk adalah gejala yang menunjukkan adanya iritasi di jalur napas. Apabila iritasi itu mendapat tekanan bisa menjadi lebih parah.

Jadi, cobalah minum air hangat tapi minum air hangat pun jangan yang suhunya terlalu panas. Minum air dengan suhu ruangan atau ruam kuku sehingga tidak ada rasa menyengat di tenggorok saat meminumnya. Selain minum air hangat, cara lain yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat herbal.

Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), mengatakan sudah sejak dulu bahan herbal digunakan untuk meredakan batuk.

batuk

"Sekarang ini, obat herbal yang dijual di pasaran bisa untuk mencegah dan memperbaiki gejala batuk. Tapi ada juga yang bisa mengobati penyakitnya. Namun, yang lebih baik dikonsumsi adalah obat herbal untuk gejala," kata dia.

Obat herbal memang lebih aman dikonsumsi dibanding antibiotik. Obat herbal bisa dikonsumsi setiap hari karena fungsinya melegakan tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi bahan herbal yang tersedia di rumah Anda. Seperti dilansir dari ndTv, inilah obat herbal alami yang bisa meredakan batuk.

Jahe

Meminum rebusan air jahe saat sedang batuk bisa menghangatkan tubuh. Waktu terbaik untuk meminum air jahe adalah malam hari. Karena biasanya, batuk lebih parah menyerang di malam hari. Hal itu dikarenakan beberapa orang memiliki alergi dingin.

Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga bisa menghangatkan tubuh. Mengonsumsi bahan herbal yang menghangatkan bisa meredakan batuk. Selain itu, kunyit juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kencur

Bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil. Hal itu dikarenakan kencur membantu menjaga kondisi pita suara yang ada di tenggorok. Kencur banyak dikonsumsi karena melegakan tenggorok.

Akar kayu legi

Batuk terbagi menjadi dua yaitu batuk kering dan batuk berlendir. Mengonsumsi akar kayu legi bisa mengobati batuk berdahak karena bahan herbal ini berguna untuk menghilangkan lendir.

Timi

Sama seperti akar kayu legi, bahan herbal ini banyak dikonsumsi karena mengurangi dan menghilangkan lendir yang menghalangi jalan napas.

Madu

Batuk terjadi karena adanya bakteri atau virus yang mengiritasi jalan napas. Virus dan bakteri itu tidak langsung mengiritasi. Tapi biasanya menunggu saat daya tahan tubuh lemah. Dengan rajin meminum madu, bisa menjaga stamina dan mempertahankan daya tahan tubuh sehingga batuk bisa cepat reda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini