Jangan Digaruk, Simak 5 Cara Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 612 2209108 jangan-digaruk-simak-5-cara-hilangkan-bekas-gigitan-nyamuk-PkS3DuW6hR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN menghadapi pandemi Corona COVID-19, banyak daerah di Indonesia juga diserbu oleh demam berdarah. Tapi, sebenernya bukan cuma gigitan nyamuk Aedes aegypti saja yang harus diwaspadai, tapi nyamuk biasa juga.

Pasalnya, gigitan nyamuk pasti akan meninggalkan bekas kulit memerah dan rasa gatal. Akibatnya, kita akan menggaruk bekas gigitan nyamuk tersebut, dan bisa membuat kulit iritasi.

Nah, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan cara aman. Dilansir Boldsky, berikut adalah 5 bahan alami yang bisa membantu mengembalikan kulit supaya mulus usai digigit nyamuk.

Nyamuk dbd

Bawang putih cincang

Bawang putih cincang juga ampuh membantu mengurangi pembengkakan, serta menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk yang mematikan. Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Oleskan pula bawang putih cincang di bagian kulit yang digigit nyamuk. Efeknya baik, karena tidak meninggalkan bekas luka yang memburuk.

Es batu

Es batu juga membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Itu karena suhu dingin membatasi distribusi zat peradangan di daerah bekas gigitan, sehingga bisa hilang dengan instan. Cara mengaplikasikannya yakni bungkus es di kain. Lalu oleskan di daerah yang terkena gigitan sekira 10-15 menit.

Minyak kelapa

Kalau punya stok minyak kelapa di rumah, Anda juga bisa melindungi kulit agar tidak digigit nyamuk. Karena minyak kelapa mengandung tinggi asam lemak dan polifenol di dalamnya. Senyawa ini menunjukkan khasiat anti-inflamasi yang bisa mencegah gatal dari gigitan nyamuk. Dengan demikian, apakah Anda ingin mencobanya?

Garam

Garam adalah obat rumahan yang mudah untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Sama kandungannya yakni bersifat antiseptik dan anti-inflamasi. Buatlah pasta dengan menggunakan sedikit garam dan air. Lalu, oleskan di area bekas gigitan nyamuk tersebut.

Lemon

Air perasaan lemon dan kulitnya mengandung sifat anti-inflamasi, yang juga bisa menjaga estetika secara alami. Tak salah, ketika Anda baru saja digigit nyamuk lalu mengoleskan air lemon yang nyaman. Kulit juga jadi tidak bentol dan meninggalkan warna kemerahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini