Jangan Berpatokan Hanya Pada Warna, Ini Cara Benar Seduh Teh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 612 2209645 jangan-berpatokan-hanya-pada-warna-ini-cara-benar-seduh-teh-N2IWj9Ix74.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MINUM teh memang menjadi kebiasaan banyak negara, termasuk Indonesia. Beberapa negara negara bahkan memiliki ritual minum teh sendiri, sebut saja Jepang dan Inggris.

Selain enak, minum teh juga membuat tubuh merasa lebih rileks dan santai, karena ada kandungan asam amino. Selain itu, ada juga teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan.

Teh hijau memang memiliki banyak manfaat, begitupun jenis teh lainnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, di balik banyaknya manfaat teh yang dikandung dan baik bagi tubuh, sudahkah Anda benar dan tepat menyajikannya?

Jika masih ragu, baiknya Anda simak informasi berikut ini. Fransiska Herlan Christine, Manager sebuah gerai matcha di Jakarta, menuturkan memasak teh sebaiknya tidak lebih dari 4 menit.

"Proses pembuatan teh, yang pertama itu daun digiling, lalu dibuat menjadi bubuk, kemudian baru diseduh. Nah, ketika menyeduh seringkali masyarakat tidak mengetahui prosesnya yang tepat," kata dia.

minum teh

"Sebab, untuk mendapatkan hasil teh yang berkualitas dan baik sebaiknya seduh atau brewing teh tidak lama dari 4 menit," tambahnya.

Selama ini memang dalam menyeduh teh masyarakat Indonesia hanya berpedoman pada warna teh yang diseduh. Tetapi, banyak orang tidak memperhatikan waktu dari proses penyeduhan teh, di mana ternyata dapat berdampak pada hasil dan citarasa teh itu sendiri.

Nah, agar mendapatkan citarasa yang sempurna, coba deh menyeduh dalam waktu 4-5 menit. Sebab menurut Dr Stuart Farrimond, seorang ahli dalam ilmu pembuatan teh, seperti diansir dari situs stuartfarrimond. Menyeduh teh tidak perlu sampai 4 menit.

"Selain itu, bentuk dan warna cangkir yang digunakan saat menyeduh teh juga dapat memengaruhi cita rasa minuman," katanya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini