6 Cara Beritahu Pasangan jika Masih Berteman dengan Mantan Pacar

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 196 2210127 6-cara-beri-tahu-pasangan-jika-masih-berteman-dengan-mantan-pacar-R39gm4z2KP.jpg Ilustrasi (Foto : Lovepanky)

Sudah putus dan resmi menjadi mantan pasangan, bukan berarti menjadi musuh kan? Masih banyak orang yang memilih masih bisa berteman dengan mantan pasangannya, baik mantan pacar atau mantan suami atau istri.

Masih berteman dengan mantan pasangan, pastinya ada satu aturan wajib yang perlu dilakukan yakni pasangan kita sekarang wajib untuk tahu.

Lalu bagaimana cara tepat memberitahu ke pasangan kalau kita masih berteman dengan mantan pasangan? Daripada bingung, coba simak dulu paparan singkat enam cara memberitahu ke pasangan jika kita masih berteman dengan mantan kekasih berikut ini.

1. Jujur dari awal

Cepat atau lambat, pasangan kita sekarang pasti akan tahu kalau Anda masih berteman dengan mantan kekasih. Maka dari itu, sebaiknya Anda lah yang jujur sedari awal kepada pasangan. Mengelak dan menyembunyikan hal-hal dari pasangan hanya akan menempatkan pasangan Anda pada posisi defensif ketika mereka tahu pada akhirnya.

Kencan

2. Jelaskan apa arti pertemanan tersebut

Paparkan pada pasangan, apa arti dari pertemanan yang Anda jalin bersama sang mantan. Jelaskan detail, bahwa pertemanan tersebut murni sebagai teman tanpa adanya bumbu seksual atau romantis. Jika kita bisa menjelaskan dengan baik kenapa kita memutuskan untuk tetap berteman dengan mantan, besar kemungkinan pasangan justru malah akan mendukung hal tersebut. Beritahu pasangan, bahwa kita siap menjawab segala pertanyaan yang ia miliki soal pertemanan tersebut.

3. Jangan defensif

Jangan bersikap defensif terhadap pasangan saat membahas soal pertemanan denagn mantan ini. Coba posisikan diri di pihak pasangan, dengan mindset ini kita bisa berkomunikasi membahas soal pertemanan ini dengan pasangan jauh lebih baik karena ada empati di dalamnya. Validasi perasaan yang dimiliki pasangan, mungkin ia kesal, bingung, atau marah. Beritahu pasangan, meski Anda masih berteman dengan mantan kekasih, tapi dirinya lah sebagai pasangan Anda yang menjadi prioritas saat ini.

4. Tawarkan untuk diperkenalkan

Coba tawarkan pada pasangan, jika ia taka keberatan maukah untuk saling kenalan dan bertemu dengan mantan kekasih Anda. Tawaran ini bisa jadi alternatif cara yang baik, untuk menghilangkan praduga dan kesan misterius yang didapat pasangan kita terhadap sosok mantan. Di momen pertemuan ini kita juga bisa menunjukkan kepada pasangan, bahwa kita sudah tidak ada perasaan apa-apa lagi terhadap mantan. Di sisi lain, pasangan juga bisa menilai dan melihat langsung seperti apa sikap kita dan mantan yang sekarang hanya sudah sebagai teman.

5. Beri waktu

Jangan desak, membuat pasangan terburu-terburu harus menerima situasi bahwa ternyata pasangannya masih berteman baik dengan mantan kekasihnya. Mengingat ini adalah situasi yang tidak nyaman, semua orang butuh waktu untuk bisa terbiasa. Jadi kuncinya, Anda memang harus sabar.

Kencan

6. Prioritas utama

Cara terakhir adalah pastikan dengan sejelas-jelasnya, bahwa dia sebagai pasangan Anda sekarang adalah prioritas utama dalam hidup Anda, bukan mantan kekasih yang sudah menjadi teman biasa. Jangan biarkan pasangan merasa mereka harus bersaing untuk mendapatkan kasih sayang dari kita. Jika mereka merasa tidak nyaman atau tidak aman, tunjukkan komitmen diri kita terhadap pasangan. Banjiri pasangan dengan perhatian dan kasih sayang yang akan membuat mereka merasa aman dan puas. Demikian seperti dilansir Askmen, Rabu (6/5/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini