Tak Melulu Rendang, Ini Deretan Menu Lebaran yang Lebih Praktis Dibuat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 298 2210066 tak-melulu-rendang-ini-deretan-menu-lebaran-yang-lebih-praktis-dibuat-2exvL5DDT2.jpg Aneka menu masakan (Foto: Ist)

IDUL Fitri atau yang juga dikenal sebagai Lebaran merupakan hari raya umat islam setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, merayakan lebaran digandrungi dengan tradisi membeli baju baru serta membuat beragam makanan.

Aneka menu yang disajikan saat lebaran antara lain rendang, ketupat, opor, dan berbagai menu lainnya. Namun, untuk membuat makanan tersebut biasanya dibutuhkan waktu yang lama serta bahan-bahan yang kompleks.

Bagi para keluarga yang kurang mahir memasak, rasanya sangat sulit untuk mempraktikkan menu-menu tersebut menjadi hidangan istimewa. Jika dipaksakan, rasa yang kurang lezat pun menjadi risiko utama.

Untuk itu, Okezone akan memberikan menu yang lebih mudah untuk diolah, namun tetap memiliki rasa yang lezat. Dilansir dari laman True Aussie Beef and Lamb, berikut rekomendasi resep lebaran yang praktis dimasak bahkan untuk pemula.

Minced Aussie Beef Larb with Roasted Rice

Bahan-bahan:

Untuk daging:

1 porsi daging sapi Australia potongan cincang

Untuk nasi:

2 sdm beras bakar yang digiling kasar

1 bawang merah diiris halus, kecil

1 lembar daun mint

1 lembar daun ketumbar

1 cabai merah, diiris panjang

2 lembar daun jeruk nipis, cincang halus

2 sdm air jeruk nipis

1 sdm kecap ikan

2 sdt gula pasir

Untuk penyajian:

Daun baby cos, kerupuk udang, dan irisan jeruk nipis

Cara membuat:

Untuk nasi: Untuk memanggang nasi, tempatkan wajan kering di atas api sedang. Aduk sampai masak dan coklat. Pindahkan ke mortar dan alu, kocok sampai kasar.

Untuk memasak: Tempatkan wajan besar di atas api ukuran besar. Masak setengah dari daging sapi dengan sedikit minyak sayur selama 3 menit atau sampai berwarna terang, hancurkan saat dimasak. Ulangi dengan sisa daging sapi. Masukkan ke dalam mangkuk besar dan biarkan agak dingin. Tambahkan beras giling dan sisa bahan dan aduk rata.

Untuk penyajian: Tempatkan di atas piring dan sajikan dengan daun cos dan irisan jeruk nipis.

Sebagai informasi, Anda dapat menyesuaikan rasa (panas, asam, asin, dan manis) sesuai selera, dengan menggunakan cabai, jus jeruk nipis, saus ikan dan gula. Untuk hidangan yang lebih mengenyangkan, cobalah sajikan dengan nasi Jasmine kukus.

Aussie Beef Sirloin with Almond Mojo Sauce

Bahan-bahan:

7 ons sirloin steak yang dipotong

1 umbi ketumbar dipotong kasar, termasuk akar dan batangnya

2 buah jeruk nipis

3 sdm minyak zaitun extra virgin

1/4 cangkir, almond cincang kasar

1 mangga kupas, potong dadu

1 buah mentimun Inggris

1 irisan alpukat

1 buah tomat atau anggur, belah dua

Cara Membuat:

Sebelum memasak: Olesi steak dengan minyak dan panaskan wajan chargrill atau BBQ.

Untuk saus almond mojo: Tempatkan akar ketumbar, batang dan daun dalam blender atau food processor dan proses sampai cincang kasar. Tambahkan setengah jus jeruk nipis, 2 sendok makan minyak dan ½ sendok teh garam dan haluskan hingga halus. Tuang ke dalam mangkuk dan lipat melalui almond, mangga dan daun ketumbar cincang.

Untuk menyajikan: Siapkan salad dan pakaian dengan sisa jus jeruk dan minyak. Bumbui steak dengan garam dan merica dan masak selama 3 menit setiap sisi atau sampai matang sesuai keinginan Anda. Beristirahatlah selama 5 menit. Sendokkan saus dan sajikan dengan salad.

Bagi Anda yang kurang familiar terhadap bagian-bagian daging sapi, Anda bisa menemukan daging sapi bagian has dalam kemasan daging sapi Australia. Karena daging sapi Australia telah tersedia dalam berbagai bentuk potongan yang dapat membantu Anda menghemat waktu ketika memasak.

Selain itu, daging sapi Australia sudah pasti berkualitas serta tersertifikasi halal. Temukan daging sapi Australia di supermarket ternama di kota Anda!

(cm)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini