Berita Baik, Masih Ada 11 Negara Bebas COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 481 2209869 berita-baik-masih-ada-11-negara-bebas-covid-19-yQF8Nbsuct.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PANDEMI virus corona COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 3,5 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan lebih dari 280 ribu orang meninggal dunia. Meski demikian beberapa negara di dunia berhasil terhindar dari virus mematikan ini.

Menurut data dari Pusat Penelitian Virus Corona dari Universitas dan Kedokteran Johns Hopkins melaporkan lebih dari 210 negara dan wilayah terinfeksi penyakit ini sejak kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019.

corona

Tapi, secara luar biasa ada 11 negara independen yang masih terbebas dari pandemi global ini. Bebara negara tersebut adalah Korea Utara, Turkmenistan, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kiribati, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Niue, Palau, Samoa, dan Tonga.

Kebanyakan negara-negara ini berupa pulau kecil yang jauh di tengah lautan. Setidaknya ada 10 tempat lainnya yang bebas dari COVID-19, tetapi mereka adalah wilayah yang bergantung dari negara-negara lain seperti Inggris, Amerika Serikat (AS), Prancis dan Australia.

Sebagaimana dilansir Gulfnews, Rabu (5/5/2020), Korea Utara, Turkmenistan belum melaporkan satu pun kasus virus itu sejak wabah virus corona di negara tetangga China pada Januari 2020.

Fakta mengenai Korea Utara yang bekerja keras untuk menjadikan wilayahnya sebagai negara yang paling terisolasi di dunia sangat membantu dalam mengatasi pandemi COVID-19. Tapi beberapa analis tetap skeptis terhadap pernyataan Korea Utara.

Meskipun tidak sedekat Korea Utara, Turkmenistan juga merupakan negara yang relatif tertutup yang juga termasuk di antara yang paling jarang dikunjungi. Eksposurnya ke dunia luar sangat terbatas, dan ini mungkin berkontribusi pada tidak adanya COVID-19 di tempat tersebut..

Negara-negara kepulauan lain seperti Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kiribati, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Niue, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Vanuatu terletak di tengah-tengah lautan, sehingga sulit untuk mencapainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini