nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Minum Santan Kelapa, Menurunkan Berat Badan hingga Memperkuat Imun

Rabu 06 Mei 2020 12:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 06 481 2209970 5-manfaat-minum-santan-kelapa-menurunkan-berat-badan-hingga-memperkuat-imun-bSB1RcsxTP.jpg Lezatnya santan (Foto: Supermarket News)

SANTAN kelapa sering diasumsikan sebagai penyebab berbagai penyakit. Cairan yang mirip susu sapi ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk mengontrol berat badan.

santan

1. Membantu penurunan berat badan

Para peneliti menyatakan, santan dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Sebuah studi menunjukkan bahwa trigliserida rantai sedang ini bekerja untuk menurunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan kasus terkait santan ini melalui sampel seorang pria yang kelebihan berat badan. Ia mengonsumsi makanan yang mengandung trigliserida rantai menengah. Walhasil, nafsu makannya menjadi jauh lebih rendah.

MCT sebangsa lemak sintetis dari kelapa atau kelapa sawit yang mengandung asam lemak caprilat dan caprat tinggi, dan sedikit laurat (biasanya sekitar 5%). Sedangkan santan kelapa didominasi oleh laurat (>50%), dan mengandung sedikit caprilat dan caprat.

Oleh karena itu, secara metabolik efek konsumsi santan tidak sama dengan MCT, namun lebih mirip dengan makanan berlemak lainnya, sehingga perlu dibatasi juga.

Intinya, mengganti satu porsi makanan dengan meminum santan, sama saja dengan menukar kalori dari makanan tersebut dengan kalori dari santan, yang tentunya lebih rendah jika dibandingkan dengan satu porsi soto atau bakso atau nasi campur.

2. Melancarkan pencernaan

Dilansir dari Boldsky, orang yang tidak toleran terhadap laktosa dapat beralih ke santan karena lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan. Minum santan juga meningkatkan pertumbuhan microbiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kelapa mengandung asam laurat, yang terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis pneumoniae. Ini, pada gilirannya, membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

4. Menurunkan tukak lambung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, santan memiliki sifat antiulcerogenik, yang memiliki kemampuan mengurangi pertumbuhan luka dan mengurangi ukurannya di dalam lambung.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain dari santan adalah meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi bubur kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%.

(DRM)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini