Trik Ampuh Atasi Rasa Panik saat Stres

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 612 2210666 trik-ampuh-atasi-rasa-panik-saat-stres-wiUCRgBvFw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEKERJAAN kantor yang menumpuk saat Work From Home (WFH), serta beberapa masalah yang menghantui, kerap membuat seseorang menjadi stres. Bahkan tak sedikit dari mereka yang merasa panik, karena tidak mampu mengelola stres dengan baik.

Jika sudah seperti ini, maka stres dan kepanikan dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Tentunya kondisi ini harus ditangani menggunakan beberapa cara khusus agar tidak menimbulkan dampak yang lebih parah.

Merangkum dari Yourtango, Kamis (7/5/2020), berikut cara memulihkan kepanikan dengan cara mudah dan cepat.

Gunakan teknik pengendalian fisik

stres

Teknik pengendalian fisik sama seperti melakukan yoga. Anda perlu berdiri tegak dengan kaki telanjang di atas matras. Tarik lengan ke samping, hadapkan tangan ke depan dengan jari terbuka, tahan perut Anda.

Selain itu tarik tulang ekor Anda ke bawah, lalu jatuhkan bahu Anda disusul dengan pinggul. Gerakan ini dapat membantu, Anda ketika mendapat serangan panik.

Gunakan teknik pengendalian emosional.

Anda juga dapat mengatur diri Anda secara emosional selain dengan fisik. Ini akan membantu Anda fokus pada situasi dan menarik perhatian dan fokus ke objek yang lain. Teknik ini akan menciptakan ruang aman bagi pribadi Anda.

Terdapat lima metode yang bisa dilakukan secara berurutan untuk menghindari serangan panik. Berikut metode 5-4-3-2-1.

5: Sebutkan lima benda atau pemandangan yang Anda lihat di sekitar.

4: Sebutkan empat hal nyata yang Anda rasakan (pakaian di kulit Anda, rambut di dahi Anda, lantai tempat Anda berdiri).

3: Sebutkan tiga suara yang Anda dengar.

2: Sebutkan dua aroma yang Anda cium.

1: Sebutkan satu hal yang Anda sukai.

Jika Anda tidak dapat mengingat semua penghitungan ini, Pilih dua urutan di atas yang paling menunjukkan diri Anda. Buatlah diri ke dalam perasaan paling tenang dan fokuskan diri Anda sebaik mungkin.

Berlatihlah dalam kehidupan sehari-hari ketika Anda sedang dalam perasaan normal, sehingga cara ini bisa lebih diingat. Teknik dasar ini membantu menyelaraskan pikiran dan kesadaran Anda kembali ke realitas ruang fisik, daripada imajinasi yang tak terbatas dan penuh kecemasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini