Mengapa Perencanaan Keuangan Penting dalam Kehidupan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 196 2210959 mengapa-perencanaan-keuangan-penting-dalam-kehidupan-ncDWzVBasA.jpg Ilustrasi (Foto : Mothering)

Setiap orang tidak lepas dari kebutuhan ekonomi selama hidupnya. Oleh sebab itu perencanaan keuangan sangat diperlukan terutama saat pandemi virus corona COVID-19.

Financial Planner dan CEO Zapfinance, Prita Ghozie mengatakan keuangan itu selalu mengikuti manusia dimulai sejak lahir sampai seseorang meninggal dunia. Oleh sebab itu membiasakan mengelola keuangan akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Pada saat lahir biaya melahirkan dari orangtuanya pun pasti ada. Meninggal pun biaya penguburan dan lain-lain pasti ada. Jadi yang namanya keuangan itu harus dikelola,” terang Prita, dalam live streaming Financial Planner Session di Instagram Okezone.

Lebih lanjut Prita mengatakan bahwa setiap manusia memiliki kadar stres dalam kehidupannya. Kadar stres pada manusia terbagi menjadi dua bagian yakni negatif ada juga yang positif.

Tips Kelola Uang

“Pada saat bicara stres yang negatif, rupanya 46 persen stres kita disebabkan oleh masalah keuangan. Otomatis jika tidak melaksanakan perencanaan keuangan, maka hancurlah kehidupannya,” lanjut Prita.

Prita menambahkan bahwa jika seseorang tidak mampu mengelola stres keuangan, maka uang yang masuk di sepanjang kehidupan akan selalu berantakan.

“Karena stres tidak bisa dihilangkan dan hanya bisa dikelola. Cara mengelola stres keuangan ya dengan merencanakan keuangan,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini