Ingin Menabung saat Kuliah, Ini 4 Investasi yang Paling Tepat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 196 2210969 ingin-menabung-saat-kuliah-ini-4-investasi-yang-paling-tepat-Vb8fyKsC8g.jpg Ilustrasi (Foto : Cremefresh)

Ekonomi Indonesia yang semakin sulit membuat banyak orang memutuskan berinvestasi untuk bekal masa depan. Bahkan saat ini banyak pelajar yang duduk di bangku kuliah untuk mencoba berinvestasi.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang bingung investasi apa yang cocok untuk orang kuliahan? Financial Planner dan CEO Zapfinance, Prita Ghozie, membagikan beberapa pilihan investasi yang bisa dilakukan sejak masa kuliah.

“Untuk mahasiswa penghasilan kan biasanya dapat dari uang saku orangtua atau beasiswa. Ini biasanya datang dari dua tempat ini. Kecuali jika mahasiswa ini sambil bekerja, maka tambahannya itu dari bekerja,” ujar Prita, dalam live streaming Financial Planner Session di Instagram Okezone.

Tips Kelola Uang

Prita mengatakan sebagai seorang mahasiswa, jangan pernah bepikir uang yang dimiliki untuk investasi harus besar. Tapi kebiasaan yang baik harus dimunculkan, yakni dengan berpikir positif terhadap uang yang dimiliki.

“Kebiasaannya harus muncul dulu. Jadi seseorang harus bisa berpikir, ‘apa sih yang bisa dibeli dengan uang Rp50 ribu saja?’ Sebenarnya ini tuh banyak pilihannya,” terang Prita.

Dalam sesi wawancara eksklusif dengan Okezone ini, Prita juga membagikan empat macam investasi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sejak dini. Di antaranya adalah:

1. Produk pasar modal namanya reksadana.

2. Bisa membeli saham secara langsung dengan modal hanya Rp50 ribu.

3. Bisa memiliki tabungan berjangka. Jadi tiap bulan kita menyetor dengan jumlah yang tetap. Karena punya target setelah beberapa bulan ingin memiliki uang dengan nominal tertentu.

4. Opsi terakhir bisa berinvestasi dengan membeli emas atau logam mulia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini