5 Gorengan dari Berbagai Negara di Dunia, Bikin Ngiler!

Jum'at 08 Mei 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 298 2211041 5-gorengan-dari-berbagai-negara-di-dunia-bikin-ngiler-BijElRiysH.jpg Gorengan dari berbagai dunia (Foto : A Spicy Perspective)

Salah satu takjil favorit masyarakat di Indonesia ketika bulan Ramadhan adalah gorengan. Sudah pasti sore hari orang-orang akan berburu gorengan sebagai menu pembuka saat buka puasa.

Tapi, ternyata gorengan tidak hanya ada di Indonesia lho. Kudapan berminyak in ternyata juga ada di berbagai negara. Berikut sejumlah gorengan dari berbagai negara, dikutip Solopos.com dari Lavin.ie :

Churros di Spanyol

Churros

Jenis gorengan yang satu ini sebenarnya sudah sangat populer di dunia. Bahkan eksistensinya saja sudah tidak hanya di Spanyol lagi, melainkan juga terdapat di hampir seluruh negara. Churro atau churros merupakan jenis gorengan yang dilumuri gula halus atau bubuk kayu manis sebelum digoreng. Churros biasanya dinikmati dengan menggunakan saus cokelat atau jenis saus lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera.

Menurut sejarah churros kali pertama dibuat oleh pengembala Spanyol yang hidup di dataran tinggi karena ia kesulitan mengakses toko roti. Hal inilah yang menyebabkan churros berbentuk mirip tanduk domba.

Pajeon di Korea Selatan

Pajeon

Makanan ini memang sekilas tampak mirip dengan omelet atau martabak telur dari Indonesia. Pajeon terbuat dari terigu, telur, dan daun bawang. Tak hanya itu, makanan yang terdapat banyak daun bawang ini juga bisa dicampur dengan daging sapi, kimchi, kerang, dan makanan laut lainnya.

Melansir dari Wikipedia, asal mula pembuatan pajeon karena rakyat Dongnae (saat ini menjadi wilayah Kota Busan) melemparkan daun bawang ketika mengalahkan tentara Jepang yang sedang menyerang. Nah, sejak saat itu pajeon dibuat untuk merayakan kemenangan rakyat Dongnae.

Kakiage di Jepang

Kakiage

Siapa sangka makanan yang mirip dengan bakwan, bala-bala, ote-ote, atau heci yang ada di Indonesia ini ternyata berasal dari Negeri Tirai Bambu, Jepang. Tak jauh berbeda dengan bakwan, gorengan ini juga berbahan sayur yang membedakan hanya terletak pada tepungnya saja. Kakiage ini biasanya memakai tepung tempura agar lebih renyah.

Jika Anda pergi ke restoran ramen atau udon, kakiage biasanya disajikan sebagai makanan pendamping mie. Tak hanya itu, gorengan ini juga nikmat jika dipadukan dengan cocolan saus mirin, saus soy, dan juga dashi.

Pakora di India

Pakora

Camilan yang berasal dari India ini juga mirip seperti bakwan, bedanya tepung yang digunakan adalah tepung kacang chickpea atau tepung kacang arab. Perpaduan sayur dan tepung inilah membuat pakora menjadi camilan yang sehat karena bebas gluten.

Selain sayur, bahan pakora juga dapat diganti dengan bawang bombay. Gorengan ini biasanya disajikan dengan celupan saus alpukat, hmm nikmat bukan?

Twigim di Korea Selatan

Twigim

Ada satu lagi gorengan yang popular di Negeri Ginseng ini, yaitu twigim. Camilan yang sering dijumpai dibeberapa kedai tteokbokki (kue beras pedas) pinggir jalan ini sangat terkenal dikalangan remaja Korea selatan.

Dalam Bahasa Korea twigim merupakan istilah untuk menyebutkan makanan yang digoreng bersama tepung bumbu. Tak hanya satu, twigim memiliki beragam jenis yakni twigim sayuran (yachae twigim), twigim cumi-cumi (ojingeo twigim), twigim singkong ( goguma twigim), twigim udang (saewoo twigim), twigim telur (gyeran twigim), dan lain sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini