5 Trik agar Wajah Bebas Minyak saat Cuaca Panas

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 611 2211222 5-trik-agar-wajah-bebas-minyak-saat-cuaca-panas-s8fegiR9dH.jpg Ilustrasi (Foto : Hudabeauty)

Musim panas atau musim kemarau di Indonesia, jadi momen mengkhawatirkan bagi si pemilik tipe kulit wajah berminyak.

Mengingat di saat musim panas, kulit wajah tipe berminyak bisa menjadi dua kali lipat lebih berminyak. Sehingga bisa memicu timbulnya berbagai masalah kulit wajah, seperti jerawat, kusam, hingga tumpukan komedo.

Agar wajah bebas berminyak ketika musim panas seperti sekarang, ada lima trik yang bisa dilakukan oleh para pemilik tipe kulit wajah berminyak. Daripada penasaran, yuk baca paparan singkatnya di bawah ini.

1. Pakai pelembap ringan

Hindari memakai krim pelembap yang berat, justru di musim panas seperti sekarang pemilik kulit wajah berminyak harus memakai pelembab yang ringan. Memenuhi kebutuhan pelembap harian, kita bisa pilih pelembab bebas minyak sesuai dengan jenis kulit, yang tersedia banyak di pasaran.

Pelembap

2. Makeup ringan

Di musim panas, singkirkan dulu gaya pulasan makeup tebal alias heavy makeup, cukup pakai lipstik dan riasan mata. Begitu juga rutinitas perawatan skincare, cukup cuci bersih wajah secara teratur di pagi dan malam hari, dan tak absen memakai sunscreen. Hindari menggosok-gosok wajah, yang mana bisa membuat wajah jadi makin berminyak.

3. Rajin membersihkan wajah

Rutinitas membersih wajah dengan sabun pembersih wajah dan air harus jadi kebiasaan setiap hari. Biasakan mencuci wajah setidaknya dua sampai tiga kali dalam sehari. Sekali di pagi hari, sekali di siang hari saat wajah terasa terlalu berminyak, dan terakhir di malam hari saat sebelum tidur. Tujuannya agar pori-pori wajah tak tersumbat oleh kotoran dan juga mengangkat kuman dari kulit wajah.

Cuci Muka

4. Sedia kertas minyak

Jika tidak bisa atau tak memungkinkan untuk mencuci wajah di siang hari, Anda bisa menggunakan kertas atau tisu minyak ( blotting paper) untuk menyerap minyak berlebih di wajah sehingga wajah tidak mengilap karena berminyak.

5. Rajin maskeran

Dunia kecantikan sudah canggih, sekarang sudah banyak face mask atau masker wajah yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Bisa pakai masker wajahbmultani mitti atau cendana, dua kali seminggu, jika merasa kulit wajah terlalu berminyak. Trik ini bukan hanya membantu menjaga wajah bebas minyak, tetapi juga akan membantu mendinginkan dan menenangkan kulit wajah. Demikian seperti dilansir Timesofindia, Jumat (8/6/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini