Tetap di Rumah, Banyak Orang Tertular COVID-19 Tanpa Gejala

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 481 2211586 tetap-di-rumah-banyak-orang-tertular-covid-19-tanpa-gejala-NCjZrTzE7H.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KASUS positif COVID-19 di Indonesia bertambah 533 kasus, sehingga totalnya kini 13.645 kasus. Sementara itu, pasien sembuh mencapai 2.607 orang dan pasien meninggal 959 kasus.

Data baru ini memperlihatkan pada kita semua bahwa masih ada penambahan kasus pasien positif COVID-19, bahkan angkanya lebih dari 500 orang dalam kurun waktu 24 jam. Hal ini berkaitan dengan kepatuhan masyarakat menjalankan pysical distancing.

Begitu juga yang disampaikan Jubir COVID-19 Achmad Yurianto. Menurutnya, update data tersebut memperlihatkan bagaimana kepatuhan masyarakat jalankan perintah yang telah dikeluarkan pemerintah.

corona

"Penambahan kasus hari ini merupakan gambaran kepatuhan kita (masyarakat) dalam menjalankan PSSB, menjaga jarak, pakai masker ketika di luar rumah, cuci tangan dengan sabun," terangnya saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Karena itu, Yuri menyarankan agar masyarakat benar-benar patuh dengan anjuran yang sudah dikeluarkan pemerintah. Sebab, hanya itulah yang bisa mengalahkan virus corona yang sedang dilawan oleh masyarakat dunia.

"Ikutan arahan pemerintah. Hindari berdesak-desakan di kendaraan umum, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, dan memperhatikan etika menggunakan masker dengan baik," sambung Yuri.

Ya, ketika Anda menggunakan masker di luar rumah dan mesti menggantinya karena sudah 4 jam pemakaiannya, maka cuci tangan sebelumnya, lalu lepas masker, dan cuci tangan kembali setelahnya. "Pastikan hal seperti ini dipatuhi," tegasnya.

Menjaga jarak tentu menjadi hal penting dalam memutus rantai penularan virus corona. Perlu diingatkan juga kepada masyarakat, ketika virus corona menyebar lewat droplet dan langsung masuk ke saluran pernapasan, maka virus akan aktif dan penularan akan terjadi lebih agresif.

Ini menjadi sangat krusial pada orang dengan usia lanjut atau orang dengan penyakit kronis. Sebab, mereka akan mengalami kondisi yang parah bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Ingat, tetap di rumah saja. Banyak orang tanpa gejala atau gejala ringan yang tidak bisa kita bedakan dengan cara biasa dan ini bisa menular dengan cara kontak dekat, jarang cuci tangan, atau tidak pakai masker," Yuri peringati masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini