Bibir Pecah-Pecah karena Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 611 2211584 bibir-pecah-pecah-karena-puasa-ini-cara-mengatasinya-5Jd9FLW3VJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJALANI ibadah puasa memang bukan hanya harus menahan lapar dan haus, tapi juga menahan godaan yang datang. Meski demikian, puasa tidak lantas menjadi alasan kita kita merawat diri loh.

Memang, salah satu yang menjadi tantangan adalah membuat tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, jika kita dehidrasi, maka kondisi kulit kita akan mengalami kerusakan, apalagi bibir kita rawan pecah-pecah.

Hal ini wajar, mengingat adanya perubahan pola ritme hidup. Dari yang rutin makan dan minum, lalu tiba-tiba seharian menjadi tidak makan dan minum sekali.

Tidak jarang, banyak orang yang mengalami kondisi bibir kering saat berpuasa. Tapi jangan khawatir dulu, karena kondisi bibir dan kulit kering selama berpuasa ini bisa kok diatasi dengan sederet cara sederhana.

Nah untuk mengobati bibir kering, selalu minum cukup air saat sahur. Dengan meminum air cukup saat sahur bisa mencegah dehidrasi seharian selama puasa. Tidak hanya untuk membuat bibir tetap lembap namun juga kulit. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan minuman soda, sebab kedua jenis minuman ini dapat membuat kulit menjadi lebih dehidrasi.

Selanjutnya, karena tidak bisa minum air seharian maka biasakan sebelum keluar rumah memulai aktivitas hari itu selalu pulaskan lip balm atau pelembap bibir yang mengandung vitamin E, minyak jojoba serta SPF, di mana SPF ini dapat mengurangi terjadinya bibir kering.

Lalu jangan lupa pulaskan kembali (retouch) di tengah-tengah Anda berkegiatan, apalagi di saat bibir mulai terasa kering. Selain lip balm, bisa juga dengan mengoles madu sebelum tidur, dan hapus lagi ketika waktu sahur telah selesai.

Cara lainnya agar bibir tidak kering walau berpuasa seharian ialah dengan membiasakan diri untuk mengoleskan baby oil di bibir setiap sebelum tidur. Menjelang tidur, oleskan sedikit saja secara merata baby oil di bibir, cara ini bertujuan untuk memberi kelembapan pada bibir, ketika kita sedang tidur. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari. Sehingga, bibir tetap terlihat indah meski berpuasa.

Terakhir, bisa dengan melakukan scrub bibir memakai bahan alami. Tenang, scrub bibir ini bisa kok dilakukan di sela-sela kegiatan. Sebab hanya dengan menggunakan campuran petroleum jelly, dan gula pasir yang digosokkan ke bibir.

Lalu gosok dengan lembut menggunakan air hangat, cara sederhana ini bisa untuk menghilangkan seluruh kulit kering yang ada di bibir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini