Ingat, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif daripada Hand Sanitizer

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 612 2211572 -1EYFDCrHMk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI mereka yang harus tetap bepergian selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mungkin telah menyiapkan masker dan hand sanitizer sebagai persiapan. Tapi, jangan terlalu banyak menggunakan hand sanitizer loh.

Sally Bloomfield, seorang profesor di London School of Hygiene anda Tropical Medicine telah mengatakan, virus jauh lebih tahan terhadap desinfektan daripada bakteri.

Menurutnya, COVID-19 tergolong virus amplop, yang berarti memiliki lapisan di sekitarnya, yang dapat diserang alkohol. Walaupun hand sanitizer berpotensi efektif melawan beberapa bakteri, tetapi ini bukanlah sesuatu yang akan direkomendasikan.

"Karena produk yang dibeli di toko juga mengandung omolien untuk membuatnya lebih lembut di kulit, yang berisiko justru menyakiti tangan Anda," ungkap Bloomfield seperti dilansir dari worldofbuzz.

cuci tangan

Menurut sebuah studi tahun 2019 oleh American Society for Microbiology, mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun, akan lebih efektif daripada setetes gel yang Anda gosokkan pada tangan Anda. Karena sabun memiliki sifat antibakteri ringan, yang membantu menghilangkan kotoran, serta bakteri yang sangat rentan untuk terjangkit infeksi virus.

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Bahkan, juru bicara perusahaan produk kimia Kao Corporation menambahkan, bila terlalu banyak menggunakan hand sanitizer, dapat menyebabkan iritasi dan sensitivitas kulit, dengan mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak alami. Kulit yang rusak meningkatkan kerentanan terhadap infeksi yang akan masuk.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini