Share

Apa itu Penyakit Lupus, Apa Saja Gejalanya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 481 2211747 apa-itu-penyakit-lupus-apa-saja-gejalanya-FxMdVzu74j.jpg Penderita Lupus (Foto: Medindia)

Setiap tanggal 10 Mei, jadi hari spesial bagi orang dengan penyakit Lupus. Sebab, di setiap tahunnya tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia.

Penyakit lupus mulai makin dikenal masyarakat awam, salah satunya saat sekitar 2015 lalu penyanyi pop terkenal, Selena Gomez mengumumkan bahwa dirinya mengidap penyakit satu ini. Nah, sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan penyakit lupus?

 Selena Gomez

Seperti dikutip Medical News Today, Minggu (11/5/2020), lupus adalah penyakit autoimun jangka panjang, yang mana membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan normal dan sehat pada tubuh.

Normalnya, sistem imun yang ada pada tubuh kita bekerja untuk melindungi dan melawan antigen, seperti virus, bakteri dan kuman-kuman. Ini dilakukan dengan memproduksi protein yang disebut antibodi, sel darah putih, atau limfosit B yang menghasilkan antibodi ini.

Ketika seseorang memiliki kondisi autoimun, seperti lupus, sistem kekebalan tubuhnya tidak mampu membedakan antara zat yang tidak diinginkan atau antigen dengan jaringan yang sehat. Akibatnya sistem kekebalan mengarahkan antibodi terhadap jaringan sehat dan antigen. Ini menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, dan kerusakan jaringan pada tubuh.

Sementara itu, untuk gejala lupus menariknya pada penyakit yang punya sebutan sebagai penyakit 1000 wajah ini ada yang disebut dengan remisi, yakni waktu saat hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada gejala sama sekali.

Lupus sendiri dikatakan memiliki cukup banyak gejala, mulai dari merasa kelelahan, kehilangan nafsu makan sehingga terjadi penurunan berat badan, nyeri atau bengkak pada persendian dan otot, bengkak di kaki atau di sekitar mata, ruam pada kulit (karena ada pendarahan di bawah kulit), sariawan, sensitif terhadap matahari, demam, sakit kepala, ada rasa nyeri di dada saat menghembuskan nafas dalam-dalam.

Selain itu, orang dengan lupus juga biasanya mengalami kerontokan rambut yang tidak biasa, dan jari-jarinya biasanya bagian kaki itu pucat atau berwarna keunguan yang disebabkan karena kedinginan atau stres, dan radang sendi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini