Ini Cara Merawat Kuku agar Tak Mudah Patah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 611 2211853 ini-cara-merawat-kuku-agar-tak-mudah-patah-sTbgoqKMHc.jpg Kuku yang kuat (Foto: Harper's Bazaar)

Setiap orang, terutama perempuan pasti ingin memiliki kuku yang sehat dan kuat, serta tak mudah patah. Sebab kuku merupakan bagian dari tangan yang fungsinya selain melindungi jari juga mempercantik jari.

Dilansir dari NDTV, Minggu (10/5/2020) terdapat sejumlah cara untuk merawat kuku agar tak mudah patah. Simak ya.

ikan dan telur

1. Sering mengonsumsi ikan dan telur

Supaya kukumu sehat dan tak mudah patah, maka kamu harus sering mengonsumsi ikan. Apalagi ikan tingomega-3 dan asam lemak sehingga ikan adalah sumber protein dan sulfur yang baik. Selain untuk menguatkan kuku, ikan juga melembutkan kuku.

Sementara telur selain sebagai sumber protein, juga mengandung vitamin D, vitamin B12, iron dan biotin. Semua ini bagus untuk menambah ketebalan kuku.

2. Jangan memakai pengeras kuku sembarangan

Tidak semua produk perawatan kuku di pasaran baik efeknya untuk kuku. Contohnya adalah pengeras kuku. Alih-alih ingin memperkuat kuku dengan menggunakan pengeras, kukumu malah akan menjadi rapuh dan berwarna kekuningan. Hindari memakai bahan-bahan kimiawi yang belum jelas kandungannya.

3. Pakai pelembab kuku

Memakai pelembab kuku bisa memperkuat lapisan kuku. Margaret Ravits, seorang dokter kulit dari Hackensack University Medical Center mengatakan jika kamu memiliki kuku yang rentan rapuh, gunakan pelembab kuku pada permukaan kuku secara rutin. Ini akan melembabkan kuku dan mengurangi timbulnya retak dan pecah pada ujung dan permukaan kuku.

4. Pakai penghapus cat kuku alami

Penghapus cat kuku kimia, aseton bisa menyebabkan kuku menguning dan kusam. Sebagai gantinya kamu bisa menghapus cat kuku dengan cairan alami yang terbuat dari air lemon dan sari cuka apel. Kuku akan terlihat lebih kuat dan cerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini