Tips Jitu Mengobati Jerawat di Rumah Saat Pandemi

Minggu 10 Mei 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 612 2211743 tips-jitu-mengobati-jerawat-di-rumah-saat-pandemi-Sb27YAFSer.jpg ilustrasi: shutterstock

PERSOALAN jerawat menjadi masalah bagi sebagian orang. Selain merusak penampilan, jerawat juga menyebabkan sakit apalagi jika sampai merah. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan, mengelupas, dan melembapkan kulit serta menjaga pori-pori bersih dari make-up, kotoran, dan minyak untuk menghindari jerawat.

Pandemi virus corona (COVID-19) membuat sebagian besar masyarakat harus melakukan physical distancing atau pembatasan interaksi fisik. Namun jangan khawatir, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mencegah dan menghilangkan jerawat seperti dikutip dari Times Of India, beberapa waktu lalu.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi oleh karena itu bagus untuk mengobati jerawat di wajah Anda. Caranya, tambahkan dua sendok makan daun teh hijau ke secangkir air dan biarkan selama 10 menit. Celupkan kapas di dalam teh dan oleskan langsung ke kulit. Biarkan tetap di kulit selama 10 menit.

Madu

Madu adalah antiseptik alami yang dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat. Oleskan sedikit madu di atas area yang terkena jerawat dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

Lemon

Potong lemon dan gosokkan di kulit. Anda juga dapat menggunakan jus lemon encer untuk membersihkan dan mengelupas kulit kusam bekas jerawat. Keasaman dalam lemon membantu mengeringkan jerawat dan menyembuhkan bekas luka.

Minyak Pohon Teh

Tambahkan setetes tea tree oil ke dalam pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Ini akan membantu mencegah wajah berjerawat. Tea tree oil juga berfungsi dengan baik untuk menyingkirkan komedo putih dan komedo hitam.

Telur

Telur dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit. Campurkan satu porsi putih telur dengan madu dan gunakan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan masker selama 10-15 menit sebelum dibilas.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan antibiotik yang dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Campurkan satu bagian cuka sari apel dengan dua bagian air suling. Anda bisa menggunakan lotion ini sebagai toner pada kulit berjerawat.

Es Balok

Anda juga dapat menggunakan es batu untuk meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan pada wajah yang di akibatkan oleh jerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah menggosok es batu di daerah yang terkena dan itu akan mentralisir atau menenangkan peradagan akibat jerawat di wajah Anda.

Kayu Manis

Kayu manis dikenal karena sifat anti-bakterinya. Caranya, campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis dan buat masker wajah. Lalu, oleskan pada wajah setidaknya 10 menit dan bersihkan setelahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini