Tak Hanya Kompres Air Dingin, Ini Cara Lain Turunkan Demam Secara Alami

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 481 2212383 tak-hanya-kompres-air-dingin-ini-cara-lain-turunkan-demam-secara-alami-Qtzv6MKOqc.jpg Penderita demam (Foto: Momjunction)

DEMAM merupakan suatu penyakit yang kerapkali menyerang anak-anak, meski tak sedikit juga orang dewasa pernah mengalaminya. Saat demam melanda, biasanya orang-orang akan mengompres dahi dengan air dingin guna membantu menurunkan suhu tubuh.

Sejatinya, tak hanya kompres air dingin yang mampu menurunkan demam. Masih ada beberapa cara lain yang alami bisa turunkan demam.

Seperti dilansir dari Besthealthmag pada Sabtu (16/5/2020), berikut 4 cara alami untuk menurunkan demam pada tubuh Anda.

Baca Juga : Tubuh Lelah dan Demam, Kenali Gejala Awal Hanta Virus

Kompres Dengan Air Dingin

Sangat umum sekali kalau tubuh sedang demam bisa diatasi dengan kompres dengan air dingin. Letakkan handuk basah yang dingin di sekitar dahi dan di belakang leher Anda. Lakukan cara ini sampai suhu tubuh stabil dan otot tidak tegang.

Namun jika semua cara sudah dicoba dan demam tak menurun, maka saatnya Anda meminta diantar keluarga untuk pergi ke dokter segera.

Mandi Air Hangat

Meski tubuh sedang demam, bukan berarti Anda tidak boleh mandi. Justru Anda disarankan untuk mandi air hangat supaya suhu tubuh jadi stabil hingga terasa dingin. Saat mandi otot-otot menjadi rileks dan aliran darah lebih lancar, sehingga demam cepat mereda.

Minum Teh Hangat

Saat tubuh sedang demam maka sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi minuman hangat. Minumlah teh herbal yang bisa melegakan tenggorokan serta menghangatkan tubuh. Minuman ini setidaknya dapat membuka pori-pori tubuh Anda yang nantinya menyebabkan tubuh berkeringat sehingga panas tubuh menurun.

Baca Juga : Alami 3L Disertai Batuk? Waspada Bisa Jadi Gejala COVID-19

Memakan Makanan Pedas

Cabai mengandung capsaicin, yakni zat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah yang cepat. Makanan yang pedas akan membuat tubuh berkeringat dan suhu tubuh mulai stabil. Jadi makanlah makanan pedas guna membantu menunurunkan demam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini