Makan Nanas Bisa Perkuat Imunitas Loh

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 481 2212418 makan-nanas-bisa-perkuat-imunitas-loh-o2zT5axI2s.jpg Ilustrasi. (Freepik)

Apakah Anda suka buah nanas? Buah kuning dengan daging yang berair ini tak hanya lezat, namun juga menyegarkan.

Biasanya, nanas dijadikan hidangan penutup untuk cuci mulut, mungkin Anda bisa olah menjadi jus untuk pemenuhan nutrisi tubuh. Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah nanas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang mungkin Anda belum ketahui.

Dilansir dari Heathline, berikut 5 khasiat dari jus nanas untuk kesehatan. Yuk simak!

Memiliki sifat Antiperadangan

nanas

Jus nanas mengandung bromelain (enzim proteolitik). Bromelain mengandung sifat antiperadangan yang berguna dalam pengobatan cedera olahraga dan pembedahan.

Perkuat imunitas

Jus nanas dapat berkontribusi tingkatkan imunitas. Studi menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim alami yang ditemukan dalam jus nanas, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Jus nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C lebih tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Mencegah kanker

Bromelain dalam jus nanas berpotensi menjadi agen dalam melawan kanker. Zat ini bahkan dapat bekerja sama dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor atau mematikan sel kanker.

Memperlancar pencernaan

Bromelain yang terkandung dalam jus nanas dapat membantu pencernaan, menjaga usus Anda dari bakteri berbahaya yang menyebabkan diare, dan mengurangi peradangan pada orang dengan gangguan radang usus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini