Ini Trik Jaga Imunitas saat Puasa, Lindungi Diri dari COVID-19

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 481 2212538 ini-trik-jaga-imunitas-saat-puasa-lindungi-diri-dari-covid-19-lbgnsDcyXa.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Meski berpuasa, seseorang tetap dianjurkan untuk menjaga imunitas untuk melawan virus corona. Mengingat tren penularan virus corona terus mengalami peningkatan jumlah kasus setiap harinya.

Namun mungkin Anda merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa. Sehingga timbul kekhawatiran yang membuat Anda sulit memperkuat imunitas.

Sebenarnya tak perlu khawatir, karena selama puasa Anda tetap makan dan minum, meski pola makan berbeda dari hari biasanya. Anda pun dapat menyiasatinya saat buka puasa dan sahur.

Salah satu caranya adalah tetap menerapkan hidup sehat saat berpuasa di tengah pandemi corona. Anda harus tetap makan teratur, mengonsumsi nutrisi yang baik, jangan begadang, tidak merokok, dan lainnya.

Karenanya, virus corona harus dilawan dengan menjaga imunitas yang baik. Salah satu cara yang tak boleh dilewatkan adalah menjaga asupan nutrisi yang seimbang.

kunyit

Dijelaskan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr Inggrid Tania, MSi, meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh upayanya harus holistik. Misalnya, tidur yang cukup, istirahat yang cukup, makan yang bergizi seimbang, sebisa mungkin hindari stres, air putih yang cukup. Itu sudah menjadi keharusan.

"Ketika memang kebutuhannya mengharuskan kita perlu suplemen, maka konsumsilah suplemen itu sesuai dengan kebutuhan. Ketika kita harus konsumsi setiap hari, kita bisa mengonsumsinya setiap hari," katanya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Meski minum suplemen, juga tetap dibarengi dengan upaya lain yang mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun. Seperti minum air putih cukup, istirahat cukup, dan sebagainya.

"Mengonsumsi suplemen itu bukan satu-satunya, tetapi sebagai salah satu upaya," tambahnya.

Dr Inggrid mengatakan, ada banyak suplemen yang diklaim mampu menjaga imunitas tubuh seseorang. Contohnya adalah curcumin yang terkandung dalam temulawak.

Dikatakan Dr Inggrid, curcumin khasiatnya sebagai zat bioaktif memiliki sifat-sifat misalnya, antioksidan, anti inflamasi, imunomodulator. Sifat-sifat itu bermanfaat pada berbagai kondisi kesehatan maupun kondisi yang patologis.

"Penelitian-penelitian yang sudah ada juga menunjukkan bahwa curcumin memiliki sifat antivirus," terang Dr Inggrid.

Curcumin bahkan tak hanya baik dikonsumsi orang dewasa, namun juga anak-anak. Selain menjaga imunitas, curcumin juga dapat memperbaiki nafsu makan dan bisa membantu memperbaiki tumbuh kembangnya.

"Perbedaan pada anak-anak dan dewasa hanyalah di dosisnya saja." bebernya.

Sebelumnya, VP Research and Development SOHO Global Health Dr Raphael Aswin Susilowidodo, MSI menganjurkan masyarakat untuk menggunakan temulawak yang telah diekstrak. Penggunaan temulawak yang telah diekstrak, menurutnya, lebih efektif menjaga kesehatan tubuh karena kadar curcuminnya lebih terukur sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh.

"Curcumin yang sudah diekstrak tentu sangat simpel dan nyaman digunakan pasien tanpa harus repot membuat rebusan,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini